Kesehatan : Mengurangi Risiko Terkena Gagal Jantung

Kesehatan : Mengurangi Risiko Terkena Gagal Jantung
Kesehatan - Ingin terhindar dari risiko gagal jantung? Cobalah untuk secara rutin olahraga satu per harinya. Selama ini kita pasti sudah sering mendengar banyak sekali manfaat olahraga. Dan tahukah Anda bahwa olahraga juga bisa mengurangi risiko terkena gagal jantung sebanyak 46 persen?

" Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh American Heart Association, seperti yang dilansir oleh womenshealthmag.com, selain menyehatkan, olahraga juga bisa mengurangi risiko kita terkena gagal jantung. Dalam penelitian yang dimulai pada tahun 1997 tersebut, ada  39.805 orang usia 10-90 tahun yang diteliti oleh para peneliti Swedia. Dan 39.805 orang tersebut tidak memiliki riwayat terkena penyakit jantung. Sejak saat itu, para peneliti mendokumentasikan kegiatan olahraga mereka dan dengan menggunakan kuesioner memonitor gaya hidup, aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta penggunaan obat-obatan. Semua catatan dan dokumentasi tersebut kemudian digunakan untuk mengetahui ada tidaknya kaitan kesemua faktor tersebut dengan penyakit gagal jantung. "

Penelitian itu pun menunjukkan hasil. Hasilnya adalah orang-orang yang paling aktif di waktu senggangnya (olahraga ringan selama lebih dari satu jam atau olahraga berat selama setengah jam per hari) memiliki risiko 46 persen lebih kecil terkena gagal jantung. Selain itu, terlihat pula bahwa orang-orang yang memiliki risiko tinggi terkena gagal jantung adalah pria yang lebih tua dengan Body Mass Index (BMI) dan nisbah pinggang pinggul (waist-hip ratio) yang lebih tinggi, penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Meskipun pria memiliki risiko lebih tinggi terkena gagal jantung, tapi kegiatan fisik yang ditingkatkan memberikan manfaat yang sama kepada pria dan wanita. Aktivitas fisik yang ringan hingga sedang pun sudah bisa memperlihatkan hasil yang signifikan.

"Anda tak perlu harus lari maraton untuk mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik," jelas Kasper Andersen, M. D., Ph. D., yang merupakan penulis pendamping untuk penelitian ini. Ia pun menambahkan kegiatan fisik yang paling ringan pun bisa memberikan efek-efek positif.

Jadi, sudahkah Anda berolahraga hari ini? Jika belum, yuk luangkan waktu beberapa menit untuk sekadar menggerakkan beberapa anggota badan sekarang juga. 


Artikel  Kesehatan Menarik lainnya