kesehatan : Menggunakan Bra Tidak Menyebabkan Kanker

kesehatan : Menggunakan Bra Tidak Menyebabkan Kanker
Kesehatan - Ada mitos yang berkembang bahwa memakai bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Mitos ini jelas membuat banyak wanita panik, karena bra telah lama dikenal sebagai pakaian dalam untuk menopang payudara. Kabar baiknya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa memakai bra tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan pada 1.500 wanita menemukan hasil bahwa memakai bra setiap hari tidak berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Wanita yang memakai bra dicatat kualitas kesehatan payudaranya dengan wanita yang tidak memakai bra. Hasilnya, tidak ada hubungan antara risiko kanker payudara dan ukuran bra, jenis bra, frekuensi pemakaian dan sebagainya, dilansir oleh Dailymail.co.uk.

Hasil penelitian ini dicatat dalam jurnal Cancer, Epidemiology, Biomarkers and Prevention. Diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi pencerahan dari perdebatan sengit mengenai mitos bra dan kanker payudara selama 20  tahun terakhir.

"Temuan memberikan jaminan kepada wanita yang memakai bra, tidak ada peningkatan risiko untuk jenis histologis yang paling umum dari kanker payudara pasca menopause," ujar  Lu Chen, pemimpin penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan risiko kanker payudara lebih mungkin karena obesitas, gaya hidup tak sehat dan paparan bahan kimia karsinogenik pada tubuh.

Jadi tak perlu khawatir memakai bra. Pastikan ukurannya tepat sehingga bisa menopang payudara dan membuat payudara tetap sehat.


Artikel Kesehatan lainnya