Kesehatan : Wanita Makan Pisang Bisa Mencegah Stroke

Kesehatan : Wanita Makan Pisang Bisa Mencegah Stroke
Kesehatan - Pisang adalah salah satu buah tropis yang enak dan memberi banyak manfaat, terutama pada wanita. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan pisang bisa mengurangi risiko stroke pada wanita, terutama wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Ancaman stroke yang menjadi horor di kalangan orang paruh baya dapat dikurangi dengan rajin mengonsumsi pisang. Pisang terbukti memiliki jumlah kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan risiko stroke hingga 25 persen, seperti dilansir oleh Dailymail.co.uk.

Penelitian ini dipelajari pada 90.137 wanita pasca menopause, dilakukan selama rata-rata 11 tahun pada masing-masing wanita. Tim peneliti mencatat bagaimana kebiasaan makan yang tinggi kalium dan kemungkinan wanita dalam penelitian mengalami stroke atau kematian akibat stroke selama masa penelitian.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi makanan dengan tinggi kalium memiliki kemungkinan kecil mengalami stroke dibanding wanita yang hanya makan sedikit kalium. Pada penelitian yang sama ditemukan hasil bahwa wanita yang makan lebih banyak kalium memiliki kesempatan hidup lebih panjang.

Peneliti senior, Sylvia Wassertheil-smoller, dari Albert Einstein College of Medicine di New York mengatakan, "Temuan kami menunjukkan bahwa wanita perlu mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya kalium. Anda tidak akan menemukan kalium dalam junk food. Beberapa makanan yang tinggi kalium adalah kentang putih, ubi manis, pisang dan kacang putih,".

Namun jangan juga berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, karena kalium yang terlalu tinggi justru membahayakan jantung.

Artikel Kesehatan lainnya