Kesehatan : Seberapa Sehat Minum Susu Kedelai?

Kesehatan : Seberapa Sehat Minum Susu Kedelai?
Kesehatan - Jika Anda ingin minum susu, namun bermasalah karena Anda alergi terhadap laktosa pada susu sapi dan susu hewan lainnya, mungkin ada baiknya jika mengganti dengan minum susu kedelai. Susu kedelai, seperti namanya, merupakan susu yang diperoleh dengan cara menghancurkan kedelai, disaring atau diambil sarinya. Dengan begitu, Anda bisa meminum susu tanpa harus merasa tersiksa.

Tentu saja kandungan susu sapi dengan susu kedelai ini berbeda, namun susu kedelai juga tidak kalah hebat menjaga kesehatan. Seperti dikutip dari healthmeup.com, jumlah kalori dari susu kedelai tentu lebih rendah dibandingkan susu sapi. Dalam 100 ml susu kedelai tanpa tambahan gula atau apa pun, hanya mengandung sekitar 54 kalori dan susu kedelai termasuk susu yang bebas dari lemak.

Protein nabati dalam susu kedelai merupakan protein yang dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan juga bisa menaikkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol baik). walaupun memang tidak seefektif susu sapi dalam hal meningkatkan massa otot, namun protein dalam susu kedelai mampu untuk membangun otot agar lebih kuat. Bukan hanya protein saja, susu kedelai juga sangat kaya akan nutrisi vitamin dan mineral seperti misalnya vitamin A, vitamin D dan kalsium. 

Studi juga menunjukkan bahwa kedelai mungkin efektif dalam mencegah dan mengobati kanker prostat dan bisa mengurangi gejala menopause seperti misalnya penurunan hormon dalam tubuh. Namun karena kemungkinan susu kedelai bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita dan prostat pada pria karena kaya estrogen, maka konsumsinya harus dibatasi. 

Susu kedelai juga tidak boleh diminum oleh anak-anak, wanita hamil atau menyusui, karena biasanya diproses saat tidak sepenuhnya matang. Namun minum susu kedelai juga sangat baik membantu program diet penurunan berat badan Anda, karena mengandung protein tinggi dan tanpa lemak, juga rendah kalori. Jadi, mau susu kedelai,?


Artikel  Kesehatan Lainnya