Kesehatan : Sering Duduk Bisa Perpendek Umur

Kesehatan : Sering Duduk Bisa Perpendek Umur
Kesehatan - Sebagai pekerja kantor dan sebagai bagian dari kehidupan modern, Anda mungkin akan lebih sering dihadapkan pada pekerjaan di depan komputer daripada harus berjalan sejauh 5 kilometer untuk menyelesaikan sebuah deadline. Namun pasti Anda tahu bahwa kebanyakan duduk di depan komputer itu sangat tidak baik kan?

Bukan hanya mengancam kesehatan mata, namun juga umur Anda, seperti dilansir dari www.huffingtonpost.com. Terlalu banyak duduk dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kenaikan berat badan, osteoporosis, penyakit kardiovaskular dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk setiap hari mampu menurunkan kepadatan mineral tulang tanpa meningkatkan pembentukan tulang, sehingga meningkatkan risiko patah tulang atau keropos tulang yang biasa disebut dengan osteoporosis. Kebiasaan duduk terlalu lama juga meningkatkan tekanan darah dan mengurangi diameter arteri, yang nantinya berpengaruh pada munculnya penyakit jantung.

Yang mengejutkan, sebuah penelitian besar pernah dilakukan di Amerika yang menunjukkan keterlibatan lebih dari 100.000 orang dewasa AS yang duduk selama lebih dari enam jam sehari ternyata memiliki risiko hingga 40% lebih besar mengalami kematian 15 tahun ke depan dibandingkan mereka yang duduk kurang dari tiga jam sehari. Menyeramkan bukan Ladies?

Jadi, jika tidak ingin bahaya terlalu banyak duduk mengancam tubuh Anda, yuk biasakan hidup dengan olahraga teratur, Ladies. Jika perlu, sempatkan paling tidak 10 menit untuk meregangkan otot setiap 3 jam sekali saat Anda bekerja.