7 Tips Menjaga Stamina Orang Tua

Info Kesehatan Seperti kata pepatah lama, mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itulah kita perlu membantu memperbaiki pola hidup orang tua kita agar stamina tubuh mereka tetap terjaga. Dengan begitu, mereka dapat terhindar dari berbagai penyakit ringan atau jika terkena sakit pun, dapat mempercepat kesembuhan mereka sehingga tidak berkembang menjadi lebih parah.

Berikut ini 7 tip yang bisa Anda sarankan agar dilakukan rutin oleh orang tua Anda:

   
1. Makan sehat dengan gizi seimbang

Para usila cenderung makan dengan porsi lebih sedikit dengan variasi yang relatif lebih sedikit pula. Untuk itu, konsultasikan dengan ahli gizi agar mereka mendapat gizi yang seimbang. Usahakan untuk memberikan buah atau sayuran yang tergolong dalam superfoods seperti: brokoli, avokad, dan keluarga berries (seperti stroberi, blueberry), yang mengandung antioksidan dan diduga mampu menghambat penuaan otak dan penurunan mental seseorang. Jika orang tua Anda memiliki kecenderungan obesitas atau kolesterol tinggi, batasi pula kadar gula, garam dan lemak pada makanan mereka.

2. Rutin berolah raga
Meskipun berusia lanjut, usahakan mereka tetap bergerak dan melakukan olahraga ringan secara rutin sehingga tubuh mereka tetap bugar dan sehat. Aktivitas fisik sangat membantu memperlancar sirkulasi darah, menyehatkan jantung, dan memicu hormon endorphin (hormon ‘happy). Beberapa latihan olahraga tertentu, seperti berjalan kaki, yoga, atau berenang, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan relaksasi.

3. Mengelola stres dengan tepat
Terlepas dari faktor usia, stres dapat menyebabkan berbagai keluhan fisik, seperti gangguan pencernaan, kulit (eksim), atau penyakit jantung. Apakah itu stres yang disebabkan oleh diri sendiri (misalnya merasa kesepian atau ‘dikucilkan’ dari keluarga) maupun yang disebabkan oleh lingkungan tempat tinggal (misalnya kondisi bising). Kondisi stres yang berkepanjangan dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan membuat mereka makin rentan terkena virus. Secara rutin, ajaklah mereka berjalan-jalan di alam terbuka, melakukan hobi bersama, atau mengikuti latihan olah napas. Hal sederhana tapi penting untuk meredam stres adalah tertawa. Menurut Dr. Lee Bark, imunologi dari Loma Linda University di California, Amerika Serikat, tertawa bisa mengurangi peredaran dua hormon dalam tubuh, yaitu epinephrine dan kortison yang menghalangi proses penyembuhan penyakit. Bahkan dengan tertawa 5-10 menit dengan periode lima kali sehari juga disinyalir mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menekan hormon stres seperti epinephrine, kortisol, dan dopamine. Pada saat tertawa, otak akan mengeluarkan hormon endorphin, serotonin (yang merupakan ‘morfin’ alami tubuh) serta melatonin yang akan membuat kita merasa lebih tenang.

4. Tidur berkualitas
Salah satu cara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita adalah tidur. Dengan tidur yang berkualitas, proses perbaikan dan regenerasi sel-sel  baru  akan berjalan lancar. Tubuh akan kembali fresh dan pikiran pun relaks. Umumnya setiap orang membutuhkan durasi tidur 7-8 jam sehari. Begitu pula orang usila. Namun menurut Andreas Prasadja, dokter ahli masalah tidur dan konsultan utama di Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran, Jakarta, karena kemampuan tidur menurun seiring bertambahnya usia, maka kebanyakan usila mengalami perubahan pola tidur dan keluhan saat tidur. Untuk itu, ciptakan kondisi agar mereka dapat tidur nyenyak dan berkualitas. antara lain: aturlah pencahayaan kamar tidur agar tidak terlalu terang, hindari makan berat atau minuman berkafein sebelum tidur untuk menghindari keinginan berkemih di tengah malam, dan pastikan pakaian tidur mereka nyaman serta menyerap keringat.

5. Tambahkan multivitamin

Karena asupan makanan sehari-hari terkadang kurang mencukupi kebutuhan gizi mereka, maka kita perlu menambahkan multivitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Khusus bagi ibu kita, pastikan mereka mengonsumsi cukup vitamin D dan kalsium (untuk memperkuat tulang), vitamin B12, asam lemak Omega 3 dan asam folat. Kita juga bisa menambahkan suplemen herbal, seperti madu, yang selain membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga berfungsi menambah tenaga. Namun sebelum memberikan suplemen tersebut, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

6. Konsumsi cairan cukup
Banyak penyakit bersumber pada kurangnya cairan dalam tubuh. Air putih sangat efektif mencegah dehidrasi, menjaga kelembapan kulit, dan menangkal berbagai virus, termasuk virus influenza. Masalahnya, para usila umumnya jarang merasa haus. Jadi, pastikan mereka cukup mengonsumsi air putih minimal 8 – 9 gelas per hari. Selain air putih, cairan di sini juga bisa ditambahkan dengan jus atau sup.

7. Mencuci tangan
Kebiasaan ini adalah hal sederhana namun sering terlupakan. Apalagi jika orang tua kita sudah mulai pikun. Padahal kebiasaan ini penting untuk menghindari tersebarnya kuman bakteri yang melekat di tangan kita. Terutama ketika sedang bersin atau batuk. Untuk itu, jangan sungkan untuk mengingatkan mereka agar mencuci tangan sebelum makan.

0 Response to "7 Tips Menjaga Stamina Orang Tua"

Posting Komentar