Buah Penuh manfaat

Info Kesehatan Buah bernama latin Garcinia mangostana L ini punya banyak nama. Masyarakat Indonesia dan Malaysia menyebutnya manggis, di Kamboja bernama mongkhul, di Thailand disebut mangkhut, dan di Vietnam disebut cay mang khut. Manggis memiliki 400 spesies, dan 40 spesies di antaranya dimakan. Di Indonesia, sebagai besar tumbuh di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan Kabupaten Tabanan, Bali.

Uji laboratorium yang disebut ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) telah membuktikan bahwa 1 ons jus manggis memiliki 20 sampai 30 kali kemampuan menyerap
radikal bebas dibanding 1 ons buah dan sayur lainnya. Tes ORAC merupakan cara yang paling akurat untuk mengukur kemampuan antioksidan dalam zat tertentu dalam menyerap radikal bebas. Skor tertinggi ORAC dianggap sebagai makanan terbaik bagi tubuh. Dan di dalam 1 ml jus kulit manggis terkandung 123,97 mg xanthones.

Schmid W. Liebigs, seorang ilmuwan Jerman yang pertama kali menemukan xanthones dan meneliti manfaatnya pada tahun 1855, menyebut xanthones sebagai antioksidan tingkat tinggi. Penelitian-peneltian lain terus dilakukan untuk mencari manfaat xanthones, yang ternyata banyak terdapat pada kulit buah manggis. Sepuluh tahun silam, penelitian di Jepang menemukan khasiat xanthones sebagai antibakteri. Dari berbagai penelitian lain, kandungan xanthones pada kulit buah manggis dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain:

Obesitas
Karena xanthones dapat melunakkan kembali sel-sel yang sudah membesar, dengan mengubah lemak menjadi energi. Dengan demikian berat badan pun turun.

Masalah pembuluh darah
Dengan memperlebar pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Xanthones juga menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga pembuluh darah terbebas dari penyempitan. Dengan peredaran darah yang lancar, tekanan darah pun menurun.

Masalah pencernaan

Xanthones dapat mengurangi pertumbuhan bakteri jahat di dalam pencernaan dan menyeimbangkan kerja lambung dan oksigen sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi dan mereduksi lemak yang tidak dibutuhkan tubuh.

Gangguan ginjal
Dengan menjaga kesehatan saluran kemih, mencegah infeksi, dan mencegah pembentukan batu pada ginjal.

Diabetes dan asma
Karena Xanthones dapat membantu tubuh melawan infeksi dan mengurangi alergi. Xanthones juga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah sehingga mampu mengatasi diabetes.

Gangguan mata
Zat antioksidan membantu menjaga kesehatan mata.

Masalah kulit
Seperti luka bakar, luka karena goresan, gangguan kulit lainnya, serta memperlambat proses penuaan.


Pilih-pilih manggis:
1. Pilih yang warna kulit luarnya ungu kehitaman.
2. Pada bagian bawah buah terdapat lingkaran 'renda' yang menunjukkan jumlah daging buah. Pilih yang jumlahnya banyak, karena semakin banyak isinya, semakin kecil ukurannya, tetapi lebih tebal daging buahnya dan biasanya tidak ada biji.
3. Pijat bagian kulitnya. Buah yang empuk berarti sudah benar-benar masak. Buah yang keras berarti maish mentah, sudah terlalu tua, atau tidak segar lagi.