Cara Mencegah Kanker Prostat

info kesehatan Tak hanya kaum hawa yang bisa mengidap kanker yang berhubungan dengan sistem reproduksi mereka. Kaum pria pun juga sama. Kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling ditakuti banyak pria. Pasalnya, kanker prostat dapat terbentuk pada jaringan prostat, jaringan yang terdapat pada alat reproduksi pria yang terletak di bawah kandung kemih.

Center for Sisease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa kanker prostat merupakan jenis kanker dengan jumlah kasus paling banyak menyerang pria nomor 2 di Amerika Serikat, dilansir dari MeetDoctor.com. Akan tetapi, kanker prostat ini pada dasarnya dapat dicegah dengan makanan lho. Di antaranya:

Ikan


Selain kaya akan kandungan DHA dan Omega-3, makanan yang satu ini memang disarankan untuk mencegah kanker prostat. Omega-3 yang terdapat pada ikan dipercaya dapat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria. Serupa dengan penelitian yang dilakukan oleh UCLA, bahwa diet rendah lemak yang dilakukan dan dikombinasikan dengan suplemen minyak ikan dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker (UCLA, 2011).

Makanan merah

Makanan yang dimaksud di sini yakni buah tomat, semangka, dan makanan berwarna merah yang kaya akan kandungan antioksidan lycopene. Nah, jika seorang pria mengonsumsi tomat, semangka atau saus tomat sekalipun akan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi makanan merah tersebut.

Buah dan sayuran

Kedua jenis makanan yang satu ini memang paling penting untuk kesehatan Anda. Tidak diragukan lagi, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan sangatlah penting. Selain itu, sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh.

Lemak
Banyak yang menghindari yang satu ini dengan alasan takut gemuk. Akan tetapi, lemak baik justru dibutuhkan tubuh Anda. tubuh. Contohnya saja lemak nabati, yang dapat menghindari Anda dari kanker prostat. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega, permen bisa diganti dengan buah, dan beberapa panganan lain yang mengandung lemak hewani.

Tahu dan teh

Tahu dan tempe merupakan panganan yang terbilang sangat sederhana dan murah meriah. Namun, jangan salah, khasiat yang terdapat pada makanan ini sangatlah dahsyat. Isoflavon pada tahu dan tempe (yang terbuat dari kedelai), kacang tanah, kacang-kacangan dan buncis bermanfaat dapat menurunkan risiko kanker prostat. Sedangkan jika pada teh, jenis teh hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi pria yang juga dapat menurunkan risiko kanker prostat, dibandingkan pria yang tidak mengonsumsi teh hijau.

Berhenti merokok

Pola hidup sehat salah satunya adalah dengan tidak merokok. Yup, karena rokok memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Sayangnya, sedikit sekali kaum pria yang tidak merokok. Harvard School of Public Health (HSPH) dan University of California, SanFrancisco, menunjukan sebuah studi bahwa pria dengan kanker prostat positif dan masih tetap merokok, memiliki risiko lebih besar penyakitnya sering kambuh, bahkan mengalami kematian. Karena, jika Anda penderita kanker prostat dan masih aktif merokok, maka sel kanker akan semakin agresif menyebar ke seluruh tubuh.

Olahraga

Cara termudah dan memberikan banyak manfaat adalah melakukan olahraga secara rutin. Tak perlu olahraga yang berat atau yang lama. Cukup melakukan olahraga yang mudah asal teratur. Anda bisa memulainya dengan berjalan, bersepeda, bahkan berenang.