Cara Menjadi Vegetarian

Info Kesehatan "Bila Anda mempunyai masalah dengan gula darah, jantung, atau kolesterol, salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menjadi vegetarian," itu kata banyak ahli nutrisi. Dengan mengganti pola makan Anda menjadi lebih 'hijau', tubuh pun lebih bugar, langsing, dan umur lebih panjang.

Sebelum menjalani diet vegetarian, simak tip berikut.

1. Kunjungi ahli gizi. Selain untuk mendapatkan informasi langsung dari pakarnya, ahli gizi akan membantu Anda dalam menentukan menu harian yang sesuai dengan kondisi kesehatan atau tubuh Anda.

2. Mulailah secara perlahan. Yaitu dengan menambahkan secara bertahap menu 'hijau' pada makanan.

3. Pelajari setiap makanan. Perhatikan nilai gizi atau kalorinya, apakah sudah memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

4. Tetap makan makanan manis dan berlemak --namun dalam porsi kecil. Misalnya camilan kacang atau cokelat, untuk mengindari kekurangan kalori di dalam tubuh.

5. Konsumsi kacang-kacangan sesering mungkin. Misalnya  yang dari kedelai: tempe, tahu, edamame, susu kedelai, dan sebagainya.


Kategori Vegetarian
1. Vegan:
Tidak mengonsumsi sama sekali daging dan segala bentuk produk hewani, termasuk susu dan telur.

2. Lacto-Vegetarian:
Menghindari konsumsi produk hewani, kecuali susu dan produk susu.

3. Lacto-ovo-vegetarian:
Tidak mengonsumsi daging dan ikan merah, tapi masih mengonsumsi telur dan produk susu.

4. Semi Vegetarian:
Mengonsumsi sayuran, juga ayam, ikan, dan telur sebagai pengganti daging merah. Juga produk susu sebagai tambahan.