Cara Penyajian Keju


Info Kesehatan Mendengar keju disebut, mungkin sebagian dari Anda langsung 'menghindar'. Apalagi jika Anda sedang menjalankan diet menurunkan berat badan. Tapi, jangan buru-buru mencoret keju dalam daftar makanan Anda. Asal tak berlebihan, Anda bisa mengonsumsi keju yang mengandung  zat gizi  penting bagi tubuh.

Berikut ini cara penyajian keju yang tepat:

• Potongan pertama selalu yang terbaik. Keju yang baru dibuka dan langsung dipotong adalah yang paling segar. Semakin lama terbuka dan terekspos udara, aroma keju akan menguap.
• Jika ada sisa keju (tapi tidak dianjurkan), bungkuslah
rapat-rapat dengan aluminium foil dan simpan di tempat sejuk.
• Selalu sajikan keju dalam suhu ruang (20-25 derajat Celcius). Keju dalam keadaan dingin kurang terasa aroma maupun rasanya. Jika keju disimpan di kulkas, keluarkan minimal satu jam sebelum disajikan.
• Gunakan pisau yang berbeda untuk setiap jenis keju. Terutama untuk keju keras, keju susu kambing, keju biru, brie, atau keju-keju lain yang beraroma keras. Minimal bersihkan pisau setiap kali akan memotong keju yang berbeda. Hal ini dilakukan agar aroma keju tidak saling bercampur.
• Cara memotong: Untuk keju keras, potong tipis kecil. Untuk keju lunak, potong tipis memanjang, lalu potong lagi dalam ukuran lebih kecil.
• Saat penyajian, gunakan piring makan biasa atau piring lebar untuk dua jenis keju atau lebih. Gunakan pisau makan ukuran kecil dan garpu salad untuk mengonsumsi keju. Untuk keju lunak, siapkan mangkuk kecil dan sendok untuk mencicipinya.

Paduan Keju

 
Keju bisa dikonsumsi dengan aneka jenis makanan. Berikut adalah pilihan kombinasinya:

Roti
Ini teman lama dan terbaik bagi keju. Roti jenis keras paling cocok disandingkan dengan keju, seperti roti gandum (whole wheat), rye (gandum hitam), focaccia (roti tawar atau dengan campuran bawang, tomat, anggur), juga biskuit gandum.  Keju cheddar, gruyere dan cantal paling cocok dengan roti yang 'penuh rasa' misalnya yang mengandung biji-bijian. Sedangkan roti putih dan lembut baik dimakan dengan keju yang lebih halus dan dengan rasa lembut. Sedangkan roti raisin walnut tepat dipadu dengan keju biru atau keju asin.

Buah
Rasa manis dan berair dari buah segar akan menciptakan sensasi rasa yang kontras  dengan rasa keju yang asin dan kering. Coba sajikan keju dengan apel, anggur, peach, pir, atau melon. Bisa juga buah kering, seperti plum dan aprikot. 

Sayuran
Sayuran juga memiliki rasa yang kontras dengan keju. Untuk makanan ringan cobalah resep favorit dari Tuscan Italia, yakni keju Pecorino dengan fava beans segar (sejenis buncis). Untuk makan siang, kombinasikan keju, roti, dan asinan sayur. Untuk makan malam, padukan keju dengan wortel, seledri, paprika merah, dan kacang hijau.

Kacang
Beberapa jenis kacang cocok dengan keju, antara lain almond, kacang mete, hazelnut, pecan,  dan walnut --yang disajikan masak atau mentah.

Daging
Di beberapa negara, keju disajikan dengan daging saja sebagai makanan utama. Misalnya orang Italia yang menyantap prosciutto (sejenis ham) atau salami dengan keju.