Fakta kaitan antara wanita,pPenyakit Jantung dan Kualitas Tidur

info kesehatan Coba cek lagi apakah Anda sudah mendapatkan kualitas tidur yang benar-benar Anda butuhkan? Kenapa? Alasannya adalah karena kualitas tidur yang buruk dan kurang sangat berkaitan dengan berbagai macam gangguan kesehatan jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Pria dan wanita sama-sama berisiko terkena gangguan ini. Namun, sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa wanita yang pernah kena penyakit jantung, kualitas tidur yang buruk bisa sangat berbahaya dengan kesehatan jantungnya.

Berikut ini 10 fakta penting tentang kaitan antara wanita, penyakit jantung, dan kualitas tidur yang dirangkum dari blogs.webmd.com dan goredforwomen.org. Simak semua faktanya di sini dan mulailah gaya hidup yang lebih baik untuk tubuh yang lebih sehat.

    Fakta 1

    Penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 wanita. Penyakit ini bahkan lebih mematikan dari semua jenis kanker yang digabung jadi satu.

    Fakta 2

    Sekitar 43 juta wanita di Amerika Serikat terkena penyakit jantung.

    Fakta 3

    Sejak tahun 1984, jumlah wanita yang meninggal akibat penyakit jantung setiap tahunnya lebih banyak dari pria.

    Fakta 4


    Hanya 1 dari 15 wanita Amerika yang meyakini bahwa penyakit jantung adalah ancaman kesehatan yang paling besar.

    Fakta 5


    Wanita yang melaporkan bahwa dirinya mendapatkan kualitas tidur yang buruk memiliki risiko lebih besar terkena inflamasi yang lebih tinggi daripada pria dalam kurun waktu lima tahun.

    Fakta 6

    Gender juga memengaruhi risiko gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh wanita dan pria. Ini karena ritme sirkadian wanita dan pria itu berbeda.

    Fakta 7

    Penyakit jantung juga bisa menyerang wanita yang terlihat sehat. Sejumlah faktor bisa menjadi penyebabnya seperti kebiasaan makan, kolesterol, dan keturunan.

    Fakta 8

    64 persen wanita yang meninggal akibat penyakit jantung koroner secara tiba-tiba tidak menunjukkan gejala-gejala awal.

    Fakta 9
    Penyakit jantung bisa menyerang wanita pada usia berapapun. Wanita di usia muda memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung jika mengonsumsi pil KB dan memiliki kebiasaan merokok.

    Fakta 10

    Gejala penyakit jantung juga meliputi sulit bernapas, pusing, rasa sakit di bagian bawah dada atau di atas abdomen. Jadi gejalanya tidak hanya rasa sakit yang teramat sangat di dada.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung adalah dengan memiliki kualitas tidur yang baik. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Namun, menurut American Heart Association, setiap orang butuh waktu tidur 6 hingga 8 jam per hari agar bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan makanan dan luangkan waktu untuk olahraga ya!