Fokus Kerja Dalam Puasa

info kesehatan Sebagai wanita yang bekerja baik di rumah atau kantor, bulan puasa akan membuat kita harus bisa menyesuaikan ritme harian. Saat berpuasa, kita memang tak seharusnya bermalas-malasan. Nah, agar bisa tetap menjalani aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik di bulan Ramadan ini, yuk ikuti tips-tips praktis berikut ini.

    Bangun Sahur Tepat Waktu


    Makan sahur sangat penting untuk Anda. Pilih menu sahur yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan minum cukup banyak air.

    Hindari Godaan Makanan

    Jika Anda, misalnya, bekerja di depan komputer dan selalu dekat dengan camilan atau makanan ringan, cobalah untuk menghindari godaan makanan atau makanan saat puasa. Dampak positif lain dari menghindarkan diri Anda dari godaan makanan dan minuman adalah Anda bisa lebih fokus bekerja dan menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat dari biasanya.

    Sesuaikan Jam Kerja
    Di bulan Ramadan, jam kantor di Indonesia biasanya akan disesuaikan. Bisa berangkat lebih siang dan pulang lebih awal. Beruntung dan bersyukurlah Anda jika mendapat kemudahan seperti ini. Anda perlu menyesuaikan jam kerja Anda sesuai kebutuhan Anda seperti kapan harus berangkat dan pulang kerja hingga bisa sampai di rumah untuk menyiapkan menu buka puasa.

    Saling Menghargai

    Di kantor, mungkin ada rekanan atau teman Anda yang tidak berpuasa. Anda tak perlu sakit hati apalagi merasa tersinggung ketika ada orang lain yang makan ketika Anda sendiri berpuasa. Jika memang ada jadwal rapat atau keperluan kantor yang menguras energi Anda atau bertepatan dengan jadwal buka puasa, Anda bisa coba siasati dan atur lebih awal.

    Selalu Memperlihatkan Etika yang Baik


    Saat berada di kantor dan Anda harus ikut rapat hingga malam hari, Anda perlu menyampaikan bahwa Anda sedang puasa dan di sela-sela rapat Anda butuh waktu beberapa menit untuk buka puasa. Menyampaikan atau berkomunikasi dengan baik akan tetap menjaga hubungan Anda dengan rekan-rekan kantor Anda dengan tetap baik.



Kewajiban bekerja atau pekerjaan sebaiknya memang tidak dijadikan beban. Jadikanlah hal ini sebagai bagian dari ibadah Anda dan pelengkap ibadah puasa Anda di bulan Ramadan.