Hati Hati! Ada jamur Dalam Sepatu Yang Anda Coba di Toko

Info Kesehatan Pas lagi jalan-jalan ke mall, pas ada sepatu lucu yang memanggil-manggil untuk dicoba. Wah, tak pikir panjang biasanya kita langsung mencobanya. Tapi pernahkah terpikir oleh Anda, berapa banyak kaki yang telah mencoba sepatu yang Anda coba itu?

 jamur banyak ditemukan menempel di sepatu yang dipajang di rak-rak toko. Jamur ini menyebarkan virus yang menyebabkan kondisi yang disebut 'athlete's foot'. Kondisi ini ditandai dengan gatal, kaki pecah-pecah dan pembentukan kerak pada bagian bawa, tepi dan diantara jari kaki. Kutil dan perubahan warna juga dapat menjadi gejala penyakit ini. Ouch!


Penyebaran virus ini disebabkan oleh jamur yang disebut human papilomavirus. Penularannya tidak hanya melalui kontak langsung, tetapi jika ada retakan kecil di kulit, virus dapat masuk ke dalam tubuh. Jamur jenis ini menyukai lingkungan yang lembab, misalnya kaus kaki basah dan sepatu.

Sepatu-sepatu seperti boots atau sepatu olahraga yang seringkali dicoba di toko adalah jenis sepatu yang banyak menyimpan jamur ini. Sifatnya yang tertutup dan lembab menjadi tempat berkembang biak yang nyaman. "Jika Anda mencoba sepatu boots dari orang yang sebelumnya memiliki jamur di kakinya, lalu Anda mengenakannya di kaki Anda maka Anda dapat terkontaminasi virus. Apalagi jika imun tubuh Anda sedang tidak baik," ujar Jane E. Andersen, salah satu dokter di American Podiatric Medical Association.

Andersen menyarankan untuk membawa kaos kaki sendiri saat mencoba sepatu di toko. Hmm, ternyata masalah mencoba sepatu di toko bukan hanya perkara ukuran dan warna tetapi juga masalah kesehatan. Apakah Anda punya tips lain seputar hal ini, Ladies?

0 Response to "Hati Hati! Ada jamur Dalam Sepatu Yang Anda Coba di Toko"

Posting Komentar