Manfaat Sarapan Untuk Diet


Info Kesehatan Bila Anda berpikir bahwa sarapan akan mengacaukan diet Anda, buang jauh-jauh pikiran itu. Sarapan yang teratur justru bisa menurunkan berat badan.

Berikut ini alasan mengapa Anda harus sarapan:

1. Sarapan memberi otak Anda bahan bakar, sebab aliran darah ke otak akan lebih lancar. Sarapan sehat akan membuat Anda lebih

fokus, meningkatkan daya konsentrasi dalam bekerja, dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

2. Sarapan memberi tubuh kekuatan untuk melakukan metabolisme harian serta memberi energi untuk mengawali aktivitas harian Anda. Sebab, sarapan mengganti asupan gizi yang hilang setelah semalaman tubuh berpuasa dan gula darah turun ke tingkat yang paling rendah pada pagi hari.

3. Terbiasa sarapan sehat berarti meningkatkan kerja imunitas tubuh dan mencegah munculnya penyakit jantung, stroke, dan penyakit metabolik lainnya.

4. Sarapan sangat penting bagi tubuh karena pada pagi hari sistem pencernaan sedang memulai proses. Supaya proses tersebut berjalan dengan sempurna, diperlukan adanya stimulus atau rangsangan, yaitu masuknya makanan ke dalam tubuh, sehingga merangsang kerja peristaltik usus untuk mengeluarkan makanan yang lama dan merangsang pengeluaran enzim di dalam pencernaan. Zat sisa yang tak berguna harus dikeluarkan sebagai bagian detoksifikasi tubuh.

5. Kabar baik bagi Anda yang sedang diet, sarapan justru menyukseskan program diet Anda. Melewatkan sarapan hanya akan membuat tubuh menjadi kelaparan, dan pada saat makan siang Anda cenderung 'balas dendam' dengan makan berlebihan. Rutin mengonsumsi sarapan sehat justru membantu peningkatan metabolisme tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

6. Makanan bergizi yang Anda konsumsi saat sarapan mampu menahan Anda dari godaan makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Sekaligus bisa menahan keinginan ngemil menjelang waktu makan dan ngopi (biasanya pakai gula) sebagai pengganti sarapan.