Membahas Serba Serbi Penyakit Kanker

Kanker kesehatan Kanker. Mendengar namanya saja sudah bikin ngeri. Entah jenis apapun, yang namanya kanker pastinya penyakit serius yang penyembuhannya jika sudah parah harus melalui jalan operasi. Sama halnya dengan kanker payudara yang merupakan penyakit mematikan bagi Anda kaum wanita. Makanya, ketahui lebih lanjut yuk Ladies serba-serbi dari penyakit kanker payudara.

kanker payudara timbul karena dalam tubuh manusia secara alami akan terus memproduksi sel-sel ketika dibutuhkan. Namun sayangnya perkembangan sel-sel tersebut tidak terkendali hingga membentuk jaringan padat yang biasa disebut tumor. Nah sel yang tumbuh adalah sel yang tidak normal, maka sel tersebut dapat membahayakan tubuh Anda yang memicu tumbuhnya kanker. Seseorang menderita kanker payudara dikarenakan sel kanker akan terus tumbuh di jaringan payudara dan sel kanker tersebut menyebar ke bagian di sekitar payudara, bahkan ke organ tubuh lainnya. Penyebaran itu disebut juga dengan metastasis.

Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita saja. Sebab faktanya, sel kanker payudara juga dapat menyerang pria. Kurangnya informasi dan kewaspadaan kanker payudara yang membuat banyak orang baru melakukan pengobatan setelah berada pada stadium yang parah. Penyebab utama dari kanker payudara belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Namun, berikut dipaparkan pemicu dari kanker payudara:

    Genetik. Faktor genetik merupakan salah satu seseorang dapat terserang kanker. Risiko akan meningkat jika ada kerabat dekat yang juga menderita kanker.
    Usia. Usia juga menjadi salah satu faktor yang membuat risiko kanker terus meningkat. Saat wanita menginjak usia empat puluh tahun dan pria menginjak usia enam puluh tahun, maka risiko kanker pun akan semakin meningkat.

  •     Mengalami berat badan berlebih
  •     Malas olahraga
  •     Merokok dan alkohol
  •     Pola makan tidak sehat

Sedangkan gejala dari adanya kanker payudara yang biasa timbul di antaranya:
1. Keluar cairan bening atau berwarna kemerahan dari puting
2. Terjadi perubahan pada ukuran dan bentuk payudara
3. Timbulnya benjolan di sekitar payudara setelah selesai menstruasi
4. Kulit payudara berubah menjadi kemerahan atau meradang
5. Kulit payudara menjadi bersisik dan berkerut

Nah Ladies, sebaiknya Anda sering melakukan pemeriksaan sejak dini sebelum keadaan semakin parah. Terlebih lagi ketika Anda merasakan gejala di atas.