Menopause dengan Stress

info kesehatan Berbagai mitos tentang menopause berseliweran di sekitar kita. Tentu semuanya tidak mutlak salah. Tapi, sejauh mana kebenarannya?

MITOS : Wanita Barat berisiko lebih tinggi mengalami menopause dini dibandingkan wanita Timur.

Alasan: Tingkat stres yang lebih tinggi di dunia Barat membuat sistem kerja organ-organ tubuh kaum wanita –termasuk organ-organ reproduksi-- jadi cepat 'aus'. Selain itu, ada pula anggapan bahwa konsep dan nilai perkawinan yang lebih konvensional serta tingkat religiusitas yang lebih tinggi membuat kondisi emosional wanita Timur lebih tenang dan stabil. Karena itu, wanita Barat umumnya lebih cepat mengalami menopause.

FAKTA: Hingga saat ini pengaruh tingkat stres dalam fungsi reproduksi memang masih menjadi wacana yang amat menarik untuk dibahas. Karena,  orang selalu berpikir bahwa faktor stres dapat mengakibatkan gangguan kesuburan atau gangguan haid, bahkan memengaruhi menopause.
   
Faktanya, rata-rata usia menopause wanita Barat dan wanita Asia kurang lebih sama, yaitu 49-50 tahun. Karena itu tampaknya stres bukanlah faktor yang dominan dalam menentukan usia menopause wanita. Mungkin perbedaan antara wanita Barat dan wanita Timur lebih terkait dengan jenis dan waktu timbulnya keluhan menopause.