Obat Awet Muda Termurah

info kesehatan Kapan terakhir Anda tertawa? Mungkin karena terbenam dalam kesibukan dan masalah hidup, Anda sampai sulit mengingatnya. Menurut suatu studi, ketika seseorang berusia 40 tahun, ia hanya bisa tertawa empat kali sehari (bahkan mungkin kurang!). Sementara anak kecil berusia 4 tahun bisa tertawa rata-rata sebanyak 300 kali sehari!

Tak heran jika kita semakin rentan terkena stres, sering uring-uringan, be te, dan mengeluh berbagai penyakit psikosomatis seperti migren dan nyeri lambung. Hidup menjadi muram, tidak happy. Disadari atau tidak, semua gejala ini sebenarnya salah satu akibat dari hal yang seolah sepele: kurang tertawa Padahal, tertawa itu ...

Identik dengan olahraga.
 
Tahukah Anda, tertawa selama 15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh? Demikian hasil penelitian dari Maciej Buchowski, peneliti dari Vanderbilt University, dilansir dari webmd.com.  Penelitian serupa oleh Dr. William Fry dari Universitas Stanford, menunjukkan satu menit tertawa sebanding dengan 10 menit latihan mendayung. Dengan kata lain, tertawa merangsang jantung dan sirkulasi darah dan sama dengan latihan aerobik.
Simak juga beberapa fakta menarik berikut ini:
1. Tertawa selama 1 menit efeknya sama dengan mengayuh sepeda selama 10 menit.
2. Tertawa 100 kali efeknya setara dengan melakukan jogging selama 10 menit.
3. Tertawa terbahak-bahak selama 20 detik setara dengan melakukan jogging selama 3 menit. Ketika tertawa terbahak-bahak, kita akan memasukkan oksigen, meningkatkan pernapasan serta sirkulasi darah di dalam tubuh. Ini artinya dengan tertawa dapat menyehatkan jantung sekaligus menjaga tekanan darah agar tidak melonjak.

‘Morfin’ alami & obat stres paling manjur.
 
Jika kita stres, tidak perlu harus ke psikolog atau minum obat antidepresan. Cukup dengan tertawa 5-10 menit dengan periode lima kali sehari juga disinyalir mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menekan hormon stres seperti epinephrine, kortisol, dan dopamine. Sebaliknya, otak akan mengeluarkan hormon endorphin, serotonin (yang merupakan ‘morfin’ alami tubuh) serta melatonin yang akan membuat kita merasa lebih tenang.

Hasil suatu penelitian di India menunjukkan bahwa peserta terapi tawa merasa lebih mampu menghadapi stres (69,5%) dibandingkan mereka yang tidak mengikuti terapi. Selain itu, tertawa dapat memperbaiki mood dalam sekejap. Bahkan, konon, tertawa dapat memberi stimulasi setara dengan makan cokelat 2000 bars.

‘Obat’ awet muda.
 
Coba saja bandingkan wajah teman Anda yang senang tertawa dan yang sering cemberut, mana yang tampak lebih awet muda? Ketika seseorang tertawa, otot-otot tubuh, terutama wajah, akan ikut tertarik. Sehingga semakin sering tertawa, otot akan lebih lentur. Menurut Prof. Dr. Lucille, pakar masalah penuaan dari Connecticut, Amerika Serikat, tertawa bisa membantu para lanjut usia untuk tetap awet muda.