Penyebab Badan Lemas Dan Tidak Bertenaga

 info kesehatan Jam masih menunjukkan pukul 10 pagi. Sarapan pagi sudah, tapi badan rasanya sudah lemas tak bertenaga. Seringkali di antara kita merasakan rasa capek luar biasa dan kehilangan energi sekalipun masih pagi. Kenapa ya?

 ada 5 alasan mengapa Anda mudah merasa lelah tak bertenaga. Yuk cek penyebabnya agar menemukan solusi untuk mengatasinya:

    Karbohidrat


    Tubuh manusia menggunakan banyak energi untuk memproses karbohidrat. Inilah yang membuat tubuh terasa lemas dan lelah. Oleh karena itu, ganti asupan karbohidrat di pagi hari dengan makanan berserat, misalnya buah-buahan, supaya tubuh tidak bekerja terlalu keras untuk mengolahnya.

    Olahraga


    Jika tubuh Anda tidak terbiasa melakukan olahraga, Anda akan merasa sangat kehilangan tenaga setelahnya. Sekalipun melakukan olahraga ringan, tubuh akan bekerja keras lebih dari biasanya. Disarankan untuk melakukan olahraga secara  rutin agar tubuh melepaskan endorfin secara berkala sehingga tubuh dapat menyesuaikan diri dengan aktivitas Anda.

    Tidur

    Saat tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, tubuh tidak mampu mengembalikan energi yang diperlukan. Jadi pastikan Anda mendapat tidur yang nyenyak dan cukup di malam hari.

    Kopi
    Kopi di pagi hari akan memberikan rangsangan pada kortisol dan adrenalin, tetapi tahukah Anda kopi yang berlebih justru akan membuat Anda ngantuk setelahnya. Jika Anda terus minum kopi sepanjang hari, Anda akan menguras kedua hormon tersebut, yang akan menyebabkan kelelahan. Ganti kebiasaan dengan mengurangi minum kopi satu cangkir per hari dan perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

    Stres
    Setiap orang akan menghadapi masa-masa stres, tetapi stres berlebih akan menyebabkan kelelahan. Otak menggunakan banyak energi ketika Anda sedang stress sehingga akan melepaskan adrenalin. Meditasi dan latihan pernafasan adalah metode sederhana yang dapat Anda gunakan untuk melepaskan stres.

Menyadari hal-hal yang memicu Anda merasa lelah sepanjang hari penting dilakukan. Tidak mau 'kan kehilangan banyak kesempatan berharga hanya karena Anda enggan melakukannya karena merasa lemas tak bertenaga? So, stay healthy, Ladies.

0 Response to "Penyebab Badan Lemas Dan Tidak Bertenaga"

Posting Komentar