Sehat Dengan Green Smoothies

Info Kesehatan  Green smoothies bukanlah pengganti sarapan, makan malam, atau pengganti asupan air putih. Ini hanyalah salah satu cara untuk memperbanyak asupan sayur dan buah. Mengganti sarapan atau makan malam dengan minuman ini justru akan menurunkan metabolisme tubuh dan mengurangi energi untuk beraktivitas. Minum air putih delapan gelas sehari tetap harus Anda lakukan, sebab serat menyerap air dalam tubuh.

Meskipun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat green smoothies tergolong sehat, namun bila tidak diolah dan dikonsumsi dengan benar justru akan mengurangi manfaatnya. Berikut tip untuk memulai tantangan green smoothies:


1. Untuk pemula, cobalah mengombinasikan lebih banyak buah daripada sayur. Bila sudah terbiasa, bisa dikombinasikan menjadi 50% buah dan 50% sayur atau sesuai selera. Namun jangan membuat porsi buah menjadi sangat minim, sebab mengonsumsi sayur saja akan membuat tubuh lemas karena kekurangan kalori. Untuk mencegah rasa bosan, variasikan bahan sayur dan buah yang berbeda.

2. Variasikan rasa dengan menambahkan yogurt atau susu rendah lemak. Bisa juga menambahkan kayu manis, bubuk cokelat, kunyit, madu, biji wijen, flaxseed, chia seed, dan sejenisnya untuk memperkaya nutrisi smoothies.

3. Buah yang kulitnya bisa dimakan sebaiknya tidak perlu dikupas, misalnya apel, pir, atau jambu. Kulit buah mengandung zat besi, vitamin, dan potasium.

4. Bersihkan buah dan sayur dengan air mengalir, atau rebus dalam air mendidih selama 10 detik untuk menghilangkan pestisida. Buah impor biasanya dilapisi lilin yang kurang sehat bila disantap begitu saja.

5. Tidak ada manfaatnya bila Anda menyampur sayur atau buah dengan jus dalam kemasan. Jus dalam kemasan mengandung gula tinggi dan pengawet.

6. Batasi penggunaan buah yang berkalori tinggi -misalnya pisang- bila kebutuhan kalori Anda sudah terpenuhi dengan waktu makan tiga kali sehari.

7. Blender bahan-bahan green smoothies dan minum beserta ampasnya yang mengandung banyak nutrisi dan serat. Meski sudah lembut, tetaplah mengunyahnya agar lambung bekerja optimal.

8. Minum langsung green smoothies supaya tidak terkontaminasi bakteri. Jika ingin membawanya dalam botol, pastikan disimpan dalam botol bersih yang kedap udara dan tambahkan es batu.

9. Green smoothies bukanlah diet untuk langsing atau diet detoks. Hati sudah bekerja sebagai detoks alami tubuh. Buah dan sayuran hanya bertugas membantu kerja hati.