Tips Agar Diet Berhasil


Info Kesehatan Diet penting bukan hanya untuk menjaga berat badan tetapi juga kesehatan. Kesalahan memilih makanan saat diet, bukan saja membuat Anda justru menjadi tambah gemuk, tapi juga meningkatkan risiko penyakit bagi tubuh. Bagaimana cara cerdas mengonsumsi makanan agar diet sukses?

Konsumsi protein dan karbohidrat bersamaan
Karbohidrat adalah salah satu penyebab tingginya kandungan gula dalam darah. Namun Anda tetap perlu mengonsumsi karbohidrat. Solusinya
, tambahkan protein setiap kali Anda mengonsumsi karbohidrat untuk mengurangi efek merugikan dari karbohidrat tersebut. Anda bisa mencobanya dengan satu porsi nasi merah yang dikombinasikan dengan dada ayam tanpa kulit sebagai makanan berat dan grainy crackers dengan potongan keju sebagai camilan.

Tambahkan salad dan sayuran
Bagi Anda yang tidak begitu suka sayuran, Anda perlu mengonsumsi sayuran dengan cara menambahkan beberapa helai salad dalam makan siang, misal: dalam roti sandwich. Sayuran dan salad mengandung air, serat, dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tambahkan pula rebusan sayuran segar pada setiap sajian makan malam Anda. Jika suka, Anda bisa menjadikan wortel, seledri, adas, dan capcisum sebagai camilan di sela-sela waktu makan.

Jangan menghindari makanan tertentu
Jika Anda tidak punya alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya jangan menghindarinya. Sebab prinsip diet bukanlah tidak makan, melainkan pintar mengkombinasikan makanan. Anda tak perlu menghindari karbohidrat, segala produk susu, atau jenis buah tertentu, sebab tubuh Anda membutuhkannya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengkombinasikan makanan sehingga tercipta keseimbangan nutrisi dalam diet Anda.

Keajaiban porsi kecil
Jika tren makanan cepat saji saat ini 'meracuni' pikiran konsumen bahwa besar lebih baik, sudah saatnya Anda beralih ke porsi yang lebih kecil. Dengan mengonsumsi dalam piring atau mangkuk kecil, Anda akan merasa cukup. Jika memang merasa masih perlu tambah satu porsi lagi, setidaknya Anda menambah dengan porsi kecil juga. Ini cara efektif memanipulasi keinginan untuk terus makan.

Jangan tergoda bahan makanan cantik!
Banyak bahan makanan yang memiliki nama dan tampilan cantik seperti coconut oil, chia seed, brown rice syrup, LSA (linseeds, sunflower seeds, dan almond). Meski makanan-makanan ini mengandung nutrisi, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya berlebihan. Bahan makanan tersebut cukup menjadi pelengkap saja dalam sajian sehat Anda seperti smoothies, jus, salad, atau makanan utama Anda sekalipun.

Hindari Kalori dalam minuman
Tanpa Anda sadari, Anda telah menimbun kalori dalam tubuh dengan mengonsumsi minuman-minuman seperti soda, kopi yang ditambahkan susu, teh dengan gula, dan alkohol. Apalagi jika diminum sambil mengudap camilan. Mengonsumsi air putih jauh lebih baik untuk diet Anda.

Jangan tinggalkan rumah tanpa botol air
Kita sering merasa lapar saat berada di jalan, atau bahkan di kantor, padahal mungkin sebetulnya tubuh hanya dehidrasi dan membutuhkan cairan. Untuk itu, dengan membawa botol air ke manapun Anda pergi, Anda telah membantu tubuh untuk menghindari dehidrasi.

Pilih yang merah dan kasar
Anda bisa memilih segala yang merah dan kasar untuk pilihan roti, nasi, crackers, atau sereal. Sebab menunjukkan tingkat serat yang tinggi dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahan makanan penuh serat ini membuat perut cepat kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan.

Tetap makan malam
Banyak pekerja kantoran yang memilih tidak makan malam sepulang kerja dan mengonsumsi camilan seperti cokelat, biskuit, atau es krim. Padahal, hal itu dapat mengakibatkan melonjaknya jumlah kalori dalam tubuh dan tertimbun selama tidur. Anda sebaiknya tetap makan malam untuk menghindari camilan yang tidak sehat bagi tubuh.

Selalu melakukan persiapan
Menjalankan diet butuh komitmen. Pastikan Anda selalu siap dengan rencana belanja mingguan Anda agar bahan makanan bernutrisi selalu tersedia. Belanja secara teratur dengan daftar belanjaan yang rapi, membuat kebutuhan nutrisi Anda lebih terjamin.

Sumber: Summer Health & Wellbeing

0 Response to "Tips Agar Diet Berhasil"

Posting Komentar