Sehat Saat Puasa Dari Dokter Edy Rizal Wahyudi

info kesehatan Tantangan besar yang sering Anda hadapi saat menjalankan ibadah bulan puasa adalah tubuh lemas karena menahan haus dan lapar. Apalagi, puasa di minggu pertama seperti sekarang ini. Tubuh yang lemas menjadikan Anda malas untuk beraktifitas. Padahal, puasa bukan alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan.

Lalu bagaimana dong agar tetap sehat puasa? Harus makan apa?

Pada dasarnya, menjaga kondisi agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa itu mudah kok Ladies. Dengan menjaga menu makan dan memastikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh Anda, dijamin, puasa full dalam sebulan bukanlah sebuah beban.

Nah Ladies, kali ini Dokter Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia akan memberikan tips secara umum lancar menjalankan ibadah puasa untuk segala usia. Simak yuk!
  1. Mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
  2.  Saat berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan mengonsumsi kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  3. Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat. Membatasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat men
  4. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan membuat metabolisme berjalan cepat sehingga cepat mendatangkan rasa haus.
  5. ingkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini dikarenakan seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantung koroner, dan hipertensi.
  6.  Membatasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus di tengah Anda menjalani puasa nantinya.
  7.  Mengonsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
  8. Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang serta asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Dengan menjaga asupan nutrisi saat berbuka dan sahur, Anda tak perlu khawatir lagi akan tubuh lemas dan kondisi kesehatan menurun. Tidak hanya saat berpuasa, melainkan Anda juga bisa menjadikan patokan ‘gaya hidup sehat’ termasuk bagi yang tidak menjalankan puasa.