Teh Hijau Penjaga Kesehatan Tubuh (2)

Info Kesehatan Selama beberapa dekade ini teh hijau telah dipelajari secara ilmu kedokteran. Beberapa membuktikan bahwa minum teh hijau secara teratur memperkecil risiko penyakit jantung dan beberapa tipe kanker. Bukti-bukti baru menemukan bahwa teh hijau baik untuk mereka yang berdiet. Pada pengujung tahun 1999, American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan hasil penelitian yang menjelaskan bahwa orang-orang yang mendapat asupan kombinasi kafein dan ekstrak teh hijau membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan mereka yang hanya diberi kafein atau placebo.

Teh hijau, terbukti dapat menangkal atau mengobati penyakit-penyakit berikut:

 
1. Kolesterol
Riset menunjukkan bahwa teh hijau menurunkan angka kolesterol total dan meningkatkan HDL (kolesterol 'baik').

2. Kanker
Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan polyphenol dalam teh hijau memainkan peranan penting dalam pencegahan kanker. Juga membantu membunuh sel-sel kanker dan menyetop pertumbuhannya.

3. Diabetes
Teh hijau telah lama dipakai untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mencegah diabetes tipe 1 atau mengekang perkembangannya. Teh hijau membantu mengatur glukosa darah.

4. Menurunkan berat badan

Peneltian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mendorong metabolisme dan membantu membakar lemak, berkat kandungan polyphenol di dalamnya.


Diperkirakan, teh hijau juga berguna untuk mengobati penyakit-penyakit radang arthritis (radang sendi), karena khasiatnya memperlambat kerusakan tulang rawan. Teh hijau efektif pula mencegah gejala pilek dan influenza. Boleh dikatakan, penelitian-penelitian sampai saat ini menunjukkan bahwa teh hijau berkhasiat menurunkan risiko beragam penyakit.

Sementara penelitian berjalan terus, kampanye minum teh hijau pun semakin meriah. Sebuah perusahaan teh hijau dalam kemasan kapsul sampai berani menekankan perlunya minum sepuluh cangkir teh sehari untuk meraih manfaat sebanyak-banyaknya. Padahal, penelitian University of California menyimpulkan, polyphenol sudah cukup diperoleh hanya dengan minum dua cangkir saja sehari. Namun, entah itu untuk kesehatan, untuk langsing, atau untuk cantik, semua mungkin akan setuju bahwa minum secangkir teh mendatangkan perasaan tenang dan damai.