Tips Khasiat Nutrisi Kecap

Info Kesehatan Kecap, si manis yang banyak penggemar ini terbuat dari kedelai hitam. Komposisi kedelai pada setiap 100 gram kecap mengandung : protein (34-45 persen), lemak (18-32 persen), karbohidrat (12-30 persen), dan air (7 persen).
   
Jika dibandingkan dengan bahan makanan lain, kedelai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan hanya berada di bawah susu skim kering. Bahan makanan lainnya seperti kacang hijau, hanyamemiliki kandungan protein sebesar 22 persen, lalu daging (19 persen), ikan segar (17 persen), telur ayam (13 persen), jagung (9,2 persen), beras (6,8 persen), dan tepung singkong hanya 1,1 persen.


Yang baik dari kedelai hitam
•Protein nabati
Protein pada kedelai hitam bermanfaat melancarkan metabolisme jaringan lemak
dan hati. Kedelai hitam juga dipercaya dapat mengurangi sintesis asam lemak baru, memperlancar sirkulasi darah, dan mengobati gangguan hormon.
•Isoflavon
Isoflavon yang terdiri dari finestein, daidzein, dan glicitein dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular karena dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida,
serta meningkatkan kolesterol HDL.
•Serat alami
Bermanfaat membantu sistem pencernaan karena mengurangi waktu transit zat-zat
yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Serat juga mengurangi risiko kanker usus.

Kecap sebagai  penyedap
1.Pada saat menumis, kecap dimasukkan menjelang masakan matang, agar aromanya tidak hilang.
2.Dalam membuat barberque, olesan kecap diberikan setelah daging setengah matang, sehingga warna masakan lebih menarik dan tidak terlihat gosong
3.Agar kecap tercampur rata, pada saat dimasukkan ke dalam masakan, kecap jangan dituang langsung ke masakan melainkan dituang di sekeliling wajan.

Menyimpan kecap
1.Tutup rapat kemasan kecap
2.Bersihkan lelehan kecap di sekeliling kemasan agar bakteri-bakteri tidak menempel di kemasan kecap
3.Simpan kecap di tempat yang bersih