Tips Sehat Dari Lemari Dapur (2)

Info Kesehatan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan jumlah rempah-rempah di Indonesia mencapai 1100 jenis tanaman rempah, meski baru 200 yang berhasil didokumentasikan. Dan, bukan cerita baru bila penggunaan rempah-rempah hanya sebagai bumbu dapur yang kaya rasa. Berikut delapan dari ribuan jenis rempah-rempah yang bermanfaat menunjang kesehatan tubuh.

Segelas teh serai saat stres
Daun dari tanaman yang banyak dikenal sebagai pengusir nyamuk ini ternyata mengandung zat citral yang selain wangi, juga mengandung aktivitas sebagai anti-mikroba (anti bakteri dan jamur). Zat ini membantu pengobatan infeksi pada lambung dan usus. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol yang turut menyempurnakan khasiat serai. Minyak serai bila digunakan dalam aromaterapi mampu menyegarkan tubuh, mengurangi sakit kepala, kelelahan saraf dan stress.  Minyak atisiri dalam serai juga memegang peranan penting dalam khasiatnya sebagai pereda radang tenggorokan saat infuenza.  Teh serai juga baik diminum untuk karena memberi efek hangat dan menenangkan.
   
Detoks dengan kayu manis
Kayu manis yang menglobal dengan nama cinnamon ini memiliki harum yang khas dan rasa yang manis. Kadang, ditaburkan di atas kopi sesuai selera sang penikmat kopi untuk memperkuat aromanya. Selain digunakan sebagai penyedap masakan, kayu manis juga menyimpan manfaat kesehatan. Kayu manis mengandung eugenol (seperti senyawa dalam cengkih) yang tinggi dan mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu tubuh untuk membuang radikal bebas. Selain itu, eugenol juga mampu menghilangkan sakit gigi dan gusi.  Senyawa lain dalam kayu manis adalah sinamaldehid yang dapat berfungsi sebagai anti pembekuan darah dan pencegah penyumbatan pembuluh darah. Manfaat ini menegaskan bahwa kayu manis dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskuler. 

Hitam putih lada
Sering bersin saat mencium serbuk lada? Berarti Anda sedang menghirup zat piperin. Zat piperin dalam lada selain bersifat antiseptik ternyata mampu membantu penyerapan selenium, vitamin B-kompleks, betakaroten, dan zat gizi lainnya dalam makanan. Lada hitam dan putih dapat membantu mengatasi sakit gigi.  


(bersambung)