Tips Sehat Dari Lemari Dapur (3)

Info Kesehatan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan jumlah rempah-rempah di Indonesia mencapai 1100 jenis tanaman rempah, meski baru 200 yang berhasil didokumentasikan. Dan, bukan cerita baru bila penggunaan rempah-rempah hanya sebagai bumbu dapur yang kaya rasa. Berikut delapan dari ribuan jenis rempah-rempah yang bermanfaat menunjang kesehatan tubuh.


Ketumbar untuk kesehatan sistem pencernaan
Tumbuh dan dikenal luas sebagai bumbu dapur khas orang Indonesia, siapa sangka ketumbar ternyata berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Dan ketumbar juga menyimpan cerita lain, yaitu khasiatnya antara lain membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengontrol produksi radikal bebas. Manfaat yang diambil dari ketumbar dapat dari daun, biji, dan buah. Tiga bagian tersebut mengandung senyawa kimia yang bermanfaat, seperti  sabinene, ocimene, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, dan beberapa asam lemak (asam oleat, linoleat dan palmitat).  Ketumbar juga membantu menyehatkan sistem percenaan karena mengandung serat pangan yang tinggi. 

Kunyit penangkal sakit hati
Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit, selain memberikan warna kuning yang cantik ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan.  Zat tersebut membuat kunyit berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan dan membantu mematikan potensi sel tumor. Kunyit juga bersifat antinflamatori dan anti oksidan, serta telah diketahui mampu berfungsi sebagai hepatoprotektor.  Seperti halnya ketumbar, kunyit juga mengandung serat pangan yang tinggi dan dapat membantu kesehatan pencernaan.