Tomat buah Kaya Manfaat

info kesehatan Ladies, tidak terlalu banyak yang gemar menyantap buah merah dan kaya vitamin C ini. Padahal buah tomat memiliki banyak manfaat selain dijadikan sebagai bumbu masakan. Tekstur tomat yang sangat juicy dipadu rasa manis dan segar, seharusnya menjadi buah pilihan Anda, selain murah, buah tomat juga memiliki banyak manfaat, 


    Mengurangi peradangan

    Salah satu manfaat buah tomat untuk kesehatan yaitu dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Ini berkat kandungan lycopene yang ada dalam buah tomat. Jika Anda lebih suka makan buah tomat yang masih mentah sebenarnya tidak masalah, tapi lycopene ditemukan lebih banyak pada buah tomat yang sudah masak dengan warna merah ranum. Jangan sepelekan peradangan dalam tubuh karena bisa menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. Yang jarang disadari, jerawat sebenarnya juga bisa disebabkan karena adanya peradangan di dalam tubuh, jika Anda memiliki banyak jerawat yang sulit sekali disembuhkan, cobalah mengkonsumsi buah tomat setiap hari.

    Menghindari bahaya sinar matahari

    Berada di bawah sinar matahari terlalu lama tidak pernah baik untuk kulit Anda. Namun bukankah menyenangkan jika melakukan aktivitas di luar rumah saat matahari begitu cerah? Makanlah buah tomat secara teratur bisa mengurangi kemungkinan kulit menjadi terlalu kering bahkan berwarna kemerahan seperti terbakar sinar matahari.

    Membuat rambut lebih kuat dan bersinar

    Rambut Anda nampak kusam? Mungkin tomat bisa membantu Anda untuk meredakannya. Tomat adalah buah yang sangat kaya akan vitamin A yang membantu rambut Anda tumbuh lebih kuat dan bersinar. Tetapi sayangnya tomat tidak memiliki kandungan atau nutrisi agar rambut Anda lebih tebal. Namun setidaknya, rambut Anda tidak akan kusam lagi jika Anda rutin mengkonsumsi buah ini.

    Meningkatkan fungsi penglihatan

    Vitamin A tentunya bukan hanya baik untuk helaian rambut cantik Anda, tetapi baik juga untuk penglihatan Anda, bahkan terapi vitamin A bisa menyembuhkan seseorang yang menderita kebutaan pada malam hari. Atau jika kini Anda sudah mengenakan kacamata, cobalah untuk mengkonsumsi tomat secara teratur setiap hari. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa tomat dapat mengurangi resiko degenerasi makula, salah satu kondisi kelainan pada mata yang serius.

    Menurunkan tekanan darah

    Untuk orang tua Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, atau mungkin Anda sendiri sering mengalami tekanan darah tinggi setelah makan-makanan berlemak, jus tomat bisa menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus menurunkan tekanan darah. Kalium yang ditemukan dalam buah tomat membantu mencukupi 11,4 persen kebutuhan kalium harian Anda serta potassium adalah kandungan tomat yang membantu menurunkan tekanan darah Anda.

    Membantu Anda tidur nyenyak
    Anda belakangan ini merasa sulit tidur? Sebaiknya segera konsumsi buah tomat kapanpun Anda merasa kurang tidur. Sebuah penelitian membuktikan, mengkonsumsi lebih banyak lycopene dapat membuat Anda lebih nyenyak tidur dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi tomat sama sekali. Selain itu, ternyata tidur yang nyenyak juga membutuhkan banyak vitamin C. Secangkir tomat mengandung 20 miligram vitamin C. Jadi tunggu apalagi? Mulai sekarang sebaiknya jadikan tomat sebagai buah yang Anda konsumsi setiap hari.