Usus Bisa Stres

Info Kesehatan Sel-sel usus termasuk yang bekerja paling cepat di dalam tubuh. Setiap sel memastikan usus memiliki ruang baru setelah beberapa hari bekerja (dengan sangat kotor). Semakin sehat usus Anda, maka semakin baik pula dalam mencerna makanan, sehingga dapat mengurangi risiko perut kembung, menghasilkan energi untuk beraktivitas, serta mencegah gangguan pencernaan. Namun, sama halnya dengan pikiran, usus ternyata juga bisa stres.

Menurut dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,
sering mengonsumsi makanan berkualitas buruk, terlalu sering mengonsumsi antiobiotik, dan terlalu sering stres adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan stres pada pencernaan atau biasa disebut Irritable Bowel Syndrome (IBS).
Gejala IBS yang paling sering muncul adalah diare atau konstipasi. Bahayanya, bila IBS tak segera diobati dapat mengakibatkan infeksi di flora usus Anda yang dapat membunuh bakteri baik dalam usus. Padahal, bakteri baik dalam usus berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab, bakteri baik akan menghasilkan antibiotika alami yang menjaga keutuhan dinding usus, menjaga proses metabolisme tubuh, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri yang masuk ke dalamnya.

Jaga kesehatan usus Anda dengan menambahkan makanan kaya serat di dalam daftar menu harian Anda. Serat dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam usus yang dapat mengoptimalkan kerja usus. Bila ingin usus  sehat dan berat badan ideal, awali  hari Anda dengan mengonsumi roti gandum atau oatmeal. Roti gandum juga dapat diisi sesuai selera untuk makan siang. Jangan lupa mengonsumsi paling tidak 2 porsi buah dan 2 porsi sayuran dalam satu hari.

Minuman dengan kandungan probiotik dapat Anda konsumsi secara berkala untuk mendapatkan manfaat dari bakteri baik yang terkandung di dalamnya. Minuman probiotik ini dapat mempersingkat waktu transit dari kotoran yang berkumpul di usus besar, sehingga proses buang air besar anda menjadi lebih teratur dan  mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Pastikan minuman atau makanan probiotik yang Anda konsumsi mencantumkan tulisan 'mengandung lactobacillus atau bifidobacterium'. Artinya, jenis bakteri baik dalam produk tersebut sama dengan jenis bakteri baik di dalam tubuh manusia. Selain itu, minum minuman probiotik secara teratur dapat membentuk barisan pertahanan yang baik terhadap bakteri jahat yang mengancam kesehatan pencernaan.


0 Response to "Usus Bisa Stres"

Posting Komentar