Wanita Kantoran Mudah Terkena Kanker Payudara

Kesehatan payudara Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko terkena kanker payudara. Salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Tapi, ada satu lagi fakta yang cukup mencengangkan: wanita yang kerja kantoran bisa mengalami masalah atau gangguan kesehatan pada payudaranya.
 Danish National Board of Industrial Injuries telah mencatat ada 75 klaim yang didapat dari wanita yang terkena kanker payudara yang disebabkan oleh giliran kerja malam (working night shift). Anne Lind Madsen, Direktur Utama National Board of Industrial Injuries mengatakan bahwa masih belum ada kepastian apakah akan dibuat catatan tentang hubungan antara giliran kerja malam dan kanker payudara.

Gangguan bioritme tubuh yang berkaitan dengan giliran kerja malam mempengaruhi sistem endokrin wanita. Akibatnya, hal tersebut memicu pertumbuhan tumor yang berkaitan dengan hormon. Selain itu, kerja di malam hari juga meningkatkan risiko munculnya tumor ganas hingga 60 persen. Bekerja duduk seharian di kantor juga tidak baik untuk kesehatan wanita. Steve Blair seorang mantan presiden American College of Sports Medicine menyatakan bahwa duduk seharian di depan komputer bisa memiliki risiko meninggal akibat kanker sebanyak tiga kali lipat.

Ruang kantor didesain sedemikian rupa dan bisa membahayakan payudara wanita. Emisi dari monitor komputer langsung tertuju ke dada wanita. Dan jika unit sistem komputer juga diletakkan di atas meja, maka tingkat emisi yang berbahaya akan semakin tinggi, tidak hanya berbahaya untuk organ payudara tetapi juga organ jantung dan lainnya.

Lalu apa solusinya?

Buat jadwal rutin untuk berolahraga. Setidaknya luangkan waktu 30 menit untuk melakukan olahraga fisik setiap harinya. Perhatikan juga asupan makanan Anda dan sebisa mungkin berikan jeda selama beberapa menit sekali untuk bangun dari tempat duduk Anda dan melakukan peregangan otot-otot tubuh.