Mengatasi Cegukan

info kesehatan Ladies, seringkali tanpa sebab Anda mengalami cegukan. Hal ini akan sangat mengganggu ketika Anda berbicara, bernafas, dan melakukan banyak aktivitas. Cegukan sendiri merupakan kejadian yang agak sulit dijelaskan secara medis, namun bukan berarti Anda tidak bisa menghentikannya.

Cegukan akan sangat memalukan ketika Anda sedang presentasi proposal pekerjaan di hadapan bos dan hal ini berlangsung selama presentasi berlangsung. Nah, untuk menghentikan cegukan ini ada beberapa cara yang mungkin cukup sering Anda dengar sekaligus juga beberapa cara lain yang bisa Anda coba, berdasarkan kutipan dari health.howstuffworks.com.

1. Dikejutkan
Solusi ini sudah sangat umum untuk menghentikan reaksi cegukan. Tentu saja saat dikejutkan, Anda harus benar-benar terkejut dan bukannya disengaja atau sebelumnya sudah tahu dan waspada akan dikejutkan. Jika Anda tahu, cara ini tidak akan mempan. Perlu hati-hati juga untuk tidak melakukan cara ini kepada orang dengan penyakit jantung lemah, bukannya menghilangkan cegukan, malah bisa saja menghilangkan nyawanya.

2. Menghindari makanan pedas
Cara ini mungkin tidak akan disukai oleh orang yang suka pedas, namun beberapa rempah-rempah pedas dan cabai dipercaya akan menyebabkan asam di lambung yang akan naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan cegukan.

3. Minum air putih
Kata orang, minum air putih yang banyak akan menghilangkan cegukan, cara ini berhasil bagi beberapa orang namun tidak untuk beberapa orang lainnya. Namun dipercaya, menelan air akan mengganggu siklus cegukan yang secara perlahan dan akan menenangkan syaraf yang mengalami hentakan berkali-kali karena cegukan.

4. Menelan gula
Kata menelan di sini, benar-benar menelan seperti yang Anda bayangkan. Bukannya mengunyah gula, namun Anda harus menelannya begitu saja. Caranya, ambil satu sendok makan penuh gula pasir dan letakkan ke bagian paling belakang mulut dekat dengan kerongkongan dan telan gula tersebut tanpa bantuan apa pun.

5. Menahan nafas
Tutup hidung dan mulut Anda, tidak perlu bernafas untuk beberapa saat, dan tahan selama beberapa detik. Lakukan lagi beberapa kali hingga cegukan berhenti. Cara ini cukup efektif, namun tentu saja membuat Anda sedikit tersengal-sengal.

Itu dia beberapa cara umum yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cegukan. Jika tidak juga berhasil, coba konsumsi obat berupa antacid. Obat ini mengandung mineral magnesium yang diketahui dapat menenangkan syaraf dan menurunkan tekanan.