Cantik : Penyebab Flek Hitam Di Wajah

Cantik Flek wajah adalah hal yang sangat mengganggu wanita, karena kulit yang mulus tanpa noda akan membuat wanita lebih percaya diri. Namun ada beberapa penyebab flek hitam yang tidak bisa dihindari. Yang lebih mengkhawatirkan, flek hitam sering sulit dipudarkan. Jika Anda merasa flek hitam di wajah bertambah banyak, inilah beberapa penyebabnya.

Sinar Matahari
Jika Anda sering tidak memberi perlindungan pada kulit, maka kulit Anda akan lebih terpapar sinar matahari, termasuk di dalamnya sinar UV A dan UV B yang dapat menyebabkan kemunculan flek hitam. Semakin jarang Anda melakukan perlindungan, semakin cepat Anda akan mendapatkan flek walaupun di usia yang masih muda.

Bekas Jerawat
Pada beberapa orang, bekas jerawat dapat meninggalkan noda hitam yang sangat sulit hilang. Biasanya bekas ini terjadi jika jerawat tersebut dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang. Walaupun ada beberapa krim yang dapat memudarkan bekas hitam jerawat, namun kemungkinan bekas itu dapat muncul kembali.

Perubahan Hormon
Perubahan hormon ini dapat membuat perubahan pada kulit Anda. Pada wanita yang sedang hamil misalnya, kadang terjadi perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam. Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya. Beberapa obat kontrasepsi juga dapat menyebabkan munculnya flek. Jika ini sampai terjadi, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter atau bidan.

Kosmetik
Kesalahan pemakaian kosmetik dapat membuat noda hitam di wajah. Misalnya saja pemakaian krim pemutih kulit yang berbahaya, tanpa adanya filter di kulit dan kulit yang semakin 'tipis', maka efek buruk sinar matahari akan membuat kulit makin cepat mendapatkan flek hitam. Maka berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

Keturunan
Pada beberapa wanita, kulit mereka bisa mulus walaupun sudah tua, namun sebagian lain mulai mendapatkan flek hitam di usia muda. Anda harus melihat bagaimana kulit kedua orang tua, terutama ibu. Jika mereka tampak mengalami flek hitam, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan semakin rajin memakai sunscreen, tidak merokok, dan memilih kosmetik yang tepat.

Itulah beberapa penyebab flek hitam yang dapat Anda hindari atau setidaknya Anda minimalkan. Semoga berguna untuk mempertahankan kecantikan Anda.