Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata

info kesehatan Menatap layar monitor komputer berjam-jam, menonton televisi seharian, dan merekam semua hal yang bisa kita lihat. Sudah terbayang kan betapa beratnya kerja sepasang mata kita? Agar kesehatan mata tetap terjaga dan kita terhindar dari berbagai penyakit serta gangguan mata, ada baiknya kita melakukan beberapa upaya pencegahan.

Seperti yang dilansir oleh doctoroz.com, ada tiga cara alami yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Tiga tips ini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa langsung Anda lakukan sekarang juga.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata
Agar mata bisa berfungsi secara normal, kita harus pintar memilih dan memilah makanan yang kita konsumsi.


Makanan yang baik untuk kesehatan mata antara lain:
  • Makanan yang mengandung vitamin A, C, E.
  • Makanan yang mengandung anti oksidan, seperti sayuran hijau, kuning telur, paprika kuning, labu, ubi, dan wortel.
  • Makanan yang kaya akan sulfur, sisteina, lesitin seperti bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah.
  • Buah beri yang kaya akan antosianin seperti blueberry, anggur, dan goji beri.
  • Makanan yang kaya akan DHA aatu asam lemak seperti yang ada pada ikan salmon, sarden, mackerel, dan cod

Olahraga Mata
Bukan hanya tubuh yang perlu olahraga, mata pun butuh olahraga agar tetap bisa berfungsi dengan normal dan optimal. Lakukan latihan olahraga selama satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

Olahraga mata yang bisa dilakukan antara lain:
  • Hangatkan mata. Caranya gosok-gosokkan telapak tangan Anda hingga hangat, lalu tangkupkan telapak tangan Anda di mata selama lima detik. Ulangi tiga kali.
  • Putar bola mata. Caranya dengan melihat ke atas, putar bola mata Anda perlahan 10 kali searah jarum jam dan 10 kali berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Fokus. Pegang sebuah bolpoin di tangan Anda lalu ulurkan tangan Anda ke depan dan fokuskan perhatian Anda pada bolpoin tersebut. Secara perlahan dekatkan bolpoin itu ke mata Anda dengan jarak 12 cm dari hidung Anda. Lalu jauhkan kembali. Lakukan selama sepuluh kali.
  • Pijat kedua pelipis Anda dengan menggunakan ibu jarak. Pijat dengan gerakan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata, dan di batang hidung.
  • Tidur sebentar. Baringkan tubuh Anda dan pejamkan mata selama 3 menit.

Istirahat Mata
Tidur yang cukup selama 8 jam sehari bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan mata Anda. Selain itu, istirahatkan mata Anda selama 10 menit setelah menatap layar monitor komputer selama 50 menit.

Jika Anda merasa mata Anda sangat lelah, Anda bisa mengambil potongan timun dingin dan meletakkannya di atas kelopak mata Anda. Bagaimana? Tidak susah kan untuk menjaga kesehatan mata.