Fakta Kafein

info kesehatan Anda penggemar kopi? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar kafein. Beberapa di antaranya merupakan kabar baik bagi Anda karena, selain membuat Anda bersemangat, kafein juga memiliki beberapa manfaat lain seperti yang dilansirwomanshealthmag.com berikut.

    Kafein memiliki dampak positif bagi ingatan jangka pendek dan juga jangka panjang

    Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kafein dapat meningkatkan ingatan jangka pendek Anda. Ternyata, lebih dari itu, menurut penelitian terbaru kafein juga bermanfaat untuk ingatan jangka panjang. Dalam jumlah 300-400 mg per hari, kafein dapat mencegah penyakit Alzheimer. Tidur dalam waktu cukup juga penting dalam pencegahan Alzheimer, karena itu, perhatikan jam tidur Anda jika Anda peka terhadap insulin.

    Kafein dapat meningkatkan performa atlet


    Mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat membuat performa Anda meningkat. Mengonsumsi kafein meningkatkan konsentrasi dan semangat Anda saat berolahraga, cobalah untuk meminum secangkir kopi sebelum berolahraga agar performa Anda semakin maksimal.

    Efek langsung

    Efek dari kafein terbilang cukup cepat. Setelah dikonsumsi, kafein dengan mudah melewati penghalang darah pada otak, sehingga dapat dengan cepat menstimulasi otak. Efeknya mencapai puncak saat 30-60 menit setelah dikonsumsi.

    Tidak menimbulkan dehidrasi

    Meskipun kafein membuat Anda lebih sering buang air kecil karena bersifat diuretik, ternyata kafein bukan merupakan penyebab dehidrasi. Tetapi sebaiknya konsumsi kafein dalam jumlah yang wajar dan minum air dalam jumlah yang cukup.

Kafein memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, meskipun demikian, sebaiknya konsumsi minuman berkafein seperti kopi Anda lakukan sewajarnya saja, sekitar 1-2 cangkir sehari.