Kesehatan : Luka Goresan Kecil Bisa Membunuh

Kesehatan : Luka Goresan Kecil Bisa Membunuh
Kesehatan Liburan adalah saat yang paling menyenangkan bagi anak-anak, tapi tidak untuk Isla Todd. Karena sebuah penyakit langka, gadis berusia tiga tahun ini tidak bisa menikmati waktu liburan musim panasnya. Bahkan jika tak berhati-hati, sedikit goresan atau gigitan serangga yang biasanya didapat saat menikmati liburan musim panas bisa membuatnya meninggal. Penyakit apa yang sebenarnya ia derita?

Pembengkakan di Jaringan Tubuh
Dilansir dari dailymail.co.uk, Isla menderita sebuah penyakit yang bernama limfedema. Limfedema adalah sebuah kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan di jaringan tubuh. Bagian tubuh yang umumnya diserang adalah tangan dan kaki yang kemudian bisa terasa sakit dan tidak bisa digerakkan.

" Kaki bagian bawah Isla terus menerus bengkak. Goresan dan infeksi sekecil apapun bisa mematikan. Heather, ibu Isla, menjelaskan bahwa suhu tinggi, gigitan serangga, atau goresan rumput bisa berakibat fatal. "

Karena kondisi yang dialami Isla tersebut, kedua orang tuanya tidak bisa mengajaknya berlibur atau membawanya berjalan-jalan ke Spanyol karena suhu udara yang tinggi. Bahkan Isla tidak diijinkan untuk lari-lari di taman seperti anak lainnya.

Isla yang berasal dari Glasgow diperkirakan menjadi satu-satunya anak di Skotlandia yang lahir dengan penyakit langka ini. Sang ibu harus benar-benar menjaga anaknya dan memastikan anaknya tidak terkena sedikit pun goresan atau luka. "Isla tak pernah bertelanjang kaki karena goresan sedikit saja atau goresan karena rumput bisa membuat kami harus buru-buru membawanya ke rumah sakit," jelas Heather.

Butuh Waktu 9 Bulan untuk Mengetahui Penyakit Isla
Jika ada goresan di kulit Isla, area kulit yang tergores itu harus diberi tanda agar bisa dimonitor penyebaran infeksi selulitisnya. Isla harus selalu mengenakan protective stockingdan ibnunya harus selalu membawa peralatan pertolongan pertama.

Butuh waktu sembilan bulan untuk mengetahui penyakit Isla yang sebenarnya, di samping fakta bahwa ia lahir lebih awal dua minggu dengan kaki bengkak yang parah. "Para perawat panik saat Isla baru saja dilahirkan, mereka pasti telah melihat ada sesuatu yang tak beres," kenang Heather.

Mengenal Lebih Jauh tentang Limfedema
Limfedema disebabkan jika sistem limfatik tak bisa mengalirkan cairan limfe dari jaringan dengan baik, dan terjadilah pembengkakan. Kondisi langka ini bisa menimpa seseorang secara kongenital (sejak lahir) atau didapat (baru terjadi kemudian).

Ada dua tipe utama limfedema:

  1. Limfedema primer: yang terjadi saat baru lahir atau setelah pubertas, penyebabnya adalah gangguan genetis.
  2. Limfedema sekunder: disebabkan oleh kerusakan sistem limfa karena infeksi, cedera, trauma, atau kanker.

Diperkirakan 1 dari 10.000 ribu terkena limfedema primer. Limfedema sekunder adalah kondisi yang dialami cukup banyak orang, menimpa sekitar 100.000 orang di Inggris. 

Saat ini orang tua Isla sedang menggalang dana untuk Lymphoedema Support Network untuk membantu menemukan obatnya. Meskipun Isla tak bisa menikmati waktu liburannya seperti teman-temannya yang lain, ia tetap tampak menjadi seorang gadis yang cantik dan ceria.