Kesehatan : Penyabab Kolestrol Tinggi

Kesehatan : Penyabab Kolestrol Tinggi
Kesehatan Kolesterol tinggi adalah hal yang menakutkan. Setelah dianggap bertanggung jawab pada berbagai penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, diabetes dan sebagainya. Karena itu, Anda harus waspada dengan beberapa penyebab yang bisa membuat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda bertambah.

 penyebab kolesterol tinggi yang harus Anda waspadai.

Pola Makan
Gorengan, keripik, dan berbagai makanan yang diproses goreng memang enak, namun memiliki tingkat lemak jahat yang juga tinggi. Lemak jahat inilah yang pada akhirnya dapat berubah menjadi kolesterol jahat. Perhatikan juga beberapa makanan seperti minyak ikan, daging merah, susu, telur, mentega, keju dan sebagainya. Termasuk camilan seperti kue kering manis dan berbagai keripik.

Berat Badan
Ukuran perut yang besar tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga menjadi tanda tubuh Anda tak sehat. Kelebihan berat badan erat kaitannya dengan peningkatan kolesterol jahat dan jumlah kolesterol baik yang lebih sedikit. Menurunkan berat badan akan meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Aktivitas Pasif
Sekali waktu bergeraklah! Ketimbang hanya nonton tv di hari minggu, luangkan waktu untuk jalan santai di taman atau jogging ringan. Semakin sering Anda berolahraga, semakin tinggi jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat. Olahraga lain yang menyenangkan adalah berenang atau gunakanlah tangga ketimbang eskalator.

Usia dan Jenis Kelamin
Saat usia Anda sudah masuk 20 tahun, kadar kolesterol Anda akan mulai naik secara alami. Pada pria, kolesterol akan mulai stabil di usia 50 tahun. Sedangkan pada wanita, jumlah kolesterol mereka cenderung lebih rendah hingga masa menopause. Setelah itu, kadar kolesterol wanita akan meningkat seperti pria.

Kesehatan Secara Menyeluruh
Selalu sediakan waktu untuk mengecek kesehatan Anda, terlebih jika usia sudah di atas 20 tahun. Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes atau hypothyroidism dapat menyebabkan jumlah kolesterol lebih tinggi.

Sejarah Keluarga
Anda mewarisi rantai kesehatan keluarga. Jika keluarga Anda punya riwayat kolesterol tinggi, maka Anda harus lebih waspada, karena kemungkinan besar Anda juga mengalaminya. Mengetahui sejarah kesehatan keluarga akan membuat Anda lebih peduli kesehatan secara menyeluruh, termasuk kadar kolesterol.

Kebiasaan Merokok
Mereka yang memiliki kebiasaan merokok akan menurunkan jumlah kolesterol baik dan menaikkan jumlah kolesterol jahat. Karena itulah, merokok bisa menjadi bom waktu yang dapat membunuh Anda pelan-pelan. Menghentikan kebiasaan merokok akan memberi andil besar pada kesehatan Anda.