Kesehatan : Pengobatan Gangguan Kulit Keloid

Kesehatan : Pengobatan Gangguan Kulit Keloid
Kesehatan - Kulit merupakan pelindung utama tubuh, sehingga menjaga kesehatan kulit adalah suatu kewajiban untuk setiap orang. Namun terkadang meski Anda telah menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, ada saja gangguan kulit yang mengancam, tidak terkecuali dengan keloid.

Keadaan kulit keloid adalah pertumbuhan jaringan parut atau bekas luka yang berkembang di sekitar luka yang telah tertutup dan sembuh. Biasanya jaringan parut tampak timbul dari kulit normal di sekitarnya. Namun tidak semua orang memiliki kecenderungan mengalami keloid, ada orang tertentu yang memang mempunyai kecenderungan tersebut.

Penyebab pertumbuhan ini tidak diketahui, namun seringkali lebih berisiko pada orang berkulit gelap, meskipun bisa juga menyerang siapa saja. Keloid tidak berbahaya, namun akan mengganggu penampilan jika tumbuh di bekas luka yang panjang dan besar.

Berdasarkan kutipan dari www.patient.co.uk, ada beberapa pengobatan untuk keloid, antara lain adalah

1. Suntik Steroid
Keloid biasanya bereaksi terhadap suntik steroid yang disebut triamsinolon pada bekas luka dan diberikan hingga perubahan terlihat. Cara lain adalah dengan mengompres keloid dengan kapas yang diberi cairan steroid dan ditutup dengan plester selama 12 jam per hari. Lakukan ini setiap hari hingga keloid mengempis.

2. Operasi
Cara pembedahan atau operasi untuk mengangkat luka keloid bisa jadi malah menyebabkan adanya bekas luka yang lebih besar dan memungkinkan keloid lebih lebar, sehingga dokter akan menyarankan dan memberi pilihan untuk diberikan suntikan steroid terlebih dahulu, oklusi atau pressure dressing atau cara radioterapi. 

3. Laser
Laser sering digunakan untuk mengobati keloid dan diketahui lebih kecil memiliki efek samping. Prosedur laser juga lebih aman karena tanpa melalui pembedahan sehingga mengurangi risiko timbulnya keloid lagi. Laser karbon dioksida sering digunakan setelah suntikan steroid untuk mengobati keloid di bagian punggung.

Anda mungkin bisa disarankan pengobatan lain seperti radioterapi, tapi ini memiliki risiko dapat menyebabkan kanker sehingga hanya bisa mengobati daerah yang jauh dari organ vital seperti tangan dan kaki saja, dan mungkin hanya digunakan untuk keloid yang kecil.

Ada juga cara pengobatan dengan cryotherapy, terapi interferon, cytotoxic, dan retinoid, namun dokter mungkin tidak akan menjadikan semua bentuk pengobatan itu sebagai pilihan pertama karena beberapa akan memberikan efek samping kesehatan dan beberapa masih belum bisa dipastikan akan memberikan hasil optimal, Ladies.