Mencegah Kram Otot

info kesehatan Salah satu manfaat olahraga adalah untuk menjaga kesehatan, terutama adalah kesehatan otot sehingga tubuh tidak kaku. Menjaga kelenturan tubuh tidak hanya akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, namun juga berperan dalam melancarkan peredaran darah.

Namun tidak jarang ketika Anda ingin memulai suatu olahraga, secara tidak sengaja tubuh Anda mengalami masalah seperti misalnya terjadi kram otot. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit luar biasa dan bagian tubuh yang kram tidak bisa digerakkan karena kaku dan otot terasa tertarik kencang dan kuat.

Jika Anda mengalami hal ini, tidak perlu cemas, ada cara mudah mencegah kram otot. Menurut www.newhealthguide.org, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman untuk mencegah hal ini terjadi, diantaranya adalah minum air yang cukup. Konsumsi air minum yang cukup akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu meregangkan otot-otot pada jaringan tubuh.

Saat Anda berlatih, apalagi di cuaca yang terik atau hangat seperti Indonesia, tubuh akan lebih cepat bertambah suhunya dan akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan tubuh dehidrasi.Kondisi dehidrasi atau kekurangan air yang dikombinasikan dengan bertambahnya suhu tubuh inilah yang menjadikan otot tubuh rentan terhadap kram.

Untuk menghindarinya, Anda bisa minum air paling tidak satu gelas sebelum berolahraga, kemudian satu gelas lagi saat sedang berolahraga dan minum secukupnya atau sesuaikan dengan kondisi tubuh saat setelah berlatih berolahraga.

Akan lebih mudah lagi terhindar dari kram otot jika Anda menambah porsi minum air putih paling tidak 2 hingga 2.5 liter per hari jika Anda berkegiatan banyak dan berolahraga dengan cuaca yang hangat.