Mengenal Leukoplakia

mengenal Leukoplakia
info kesehatan Salah satu organ penting yang perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya adalah rongga mulut, Ladies. Rongga mulut adalah jalan utama untuk memberikan tubuh Anda asupan makanan sehingga tubuh Anda bertenaga dalam melakukan berbagai aktivitas.

Kebersihan rongga mulut tidak terbatas pada gigi dan gusi saja, namun juga indra perasa berupa lidah dan seluruh dinding rongga mulut. Bukan tidak mungkin Anda akan mengalami leukoplakia di dalam rongga mulut dan itu pasti akan mengganggu aktivitas makan Anda.

Seperti dikutip dari www.medicinenet.com, leukoplakia adalah kondisi gangguan di mulut karena adanya penebalan atau bercak putih yang berkembang di lidah, gusi, atau dinding rongga mulut. Ini adalah reaksi mulut terhadap iritasi kronis dari selaput lendir mulut.

Penyebab pasti munculnya leukoplakia masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan adanya kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol dapat menjadi penyebab. Tidak hanya itu, iritasi pada gusi, efek tambal gigi, gigi palsu atau penanaman kawat yang tidak pas dan bergesekan dengan pipi dan gusi juga bisa menjadi penyebabnya.

Leukoplakia mungkin tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit, namun biasanya akan lebih sensitif terhadap rasa, suhu dan sentuhan seperti rasa panas, pedas, gosok gigi dan lain sebagainya. Pengobatan menghilangkan leukoplakia bisa dilakukan dengan cara menyembuhkan sumber iritasi terlebih dahulu.

Jika cara ini tidak bisa mengurangi leukoplakia, maka cara lain mungkin akan ditempuh dokter seperti misalnya pembedahan. Hal ini akan dilakukan untuk mengambil bagian putih dan menebal leukoplakia. Untuk mencegah terjadinya leukoplakia berulang, maka penghentian kebiasaan buruk seperti merokok dan tidak menjaga kebersihan mulut juga harus dihilangkan.

Itu dia gangguan mulut berupa leukoplakia Ladies. Jaga kesehatan rongga mulut Anda dan hindari kebiasaan buruk sebelum leukoplakia menyerang Ladies.