Waspada Kurang Vitamin D

Waspada Kurang Vitamin D
info kesehatan Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin D. Vitamin yang paling banyak didapat dari matahari ini memang memberikan peran penting di dalam tubuh. Vitamin D dari matahari akan dibuat di kulit saat tersinar oleh matahari.

Semua jenis vitamin harus tercukupi asupannya sehingga tubuh bisa menjalankan fungsi organ dengan baik, dan jika tidak, maka dikhawatirkan ada dampak kesehatan. Berdasarkan kutipan dari www.medicinenet.com, kurangnya asupan vitamin D dapat menyebabkan nyeri tulang, dan kelemahan otot. Namun hal ini tidak selalu terjadi, Ladies. Terkadang meskipun Anda kekurangan vitamin D, tubuh tidak menunjukkan gejala apa pun.

Vitamin D sendiri berfungsi mengatur tingkat kalsium dan fosfat dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan risiko tinggi terserang penyakit tulang rakhitis yang banyak diderita oleh anak-anak. Hal ini menyebabkan adanya pelunakan dan mineralisasi tulang sehingga menimbulkan kelainan bentuk tulang.

Bukan hanya rakhitis saja yang menjadi risiko kekurangan vitamin D, penyakit tulang lain yang disebut dengan osteomalacia juga bisa terjadi, yaitu keadaan melemahnya tulang pada orang dewasa. Namun Anda tidak perlu datang ke dokter jika mengalami kekurangan vitamin D, kecuali jika Anda mengidap rakhitis atau osteomalacia.

Kekurangan vitamin D bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen dan makan makanan yang memiliki kandungan vitamin D. Jika memungkinkan, keluar untuk jalan-jalan di pagi hari sekitar pukul tujuh selama 30 menit juga bagus untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D.

Bukan hanya dari matahari saja yang menjadi sumber utama vitamin D, beberapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain adalah lemak ikan, minyak ikan dan telur. Untuk menjaga kesehatan dan tubuh memang harus memberikan asupan gizi seimbang, tidak terkecuali untuk vitamin D, Ladies.