Penyebab Hilangnya Rasa Di Lidah

info kesehatan Anda pasti suka ketika harus disuguhi berbagai macam makanan yang lezat. Namun bagaimana jika ternyata Anda tidak bisa merasakan apa pun saat memakan makanan tersebut? Padahal salah satu sumber kebahagiaan adalah makanan, bukan begitu?

Satu-satunya indra yang membuat Anda mampu merasakan adalah lidah. Jika lidah mengalami gangguan indra perasa, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami ketidaknyamanan saat merasakan makanan. Gangguan rasa yang paling umum adalah rasa hambar di mulut meski tidak sedang makan apa-apa.

Ada juga gangguan indra perasa bernama hypogeusia, di mana Anda akan mengalami kelemahan dalam merasakan rasa manis, asam, pahit, asin dan gurih. Anda hanya merasakan sedikit manis meskipun Anda telah menambahkan banyak gula ke dalam teh atau Anda tidak kunjung merasa asin padahal sudah menambahkan banyak garam ke dalam sup yang Anda masak. 

Anda baru akan menyadari bahwa teh terlalu manis atau masakan Anda terlalu asin saat orang lain menegur Anda. Seperti dikutip dari www.medicinenet.com, banyak penyebab dari hilangnya rasa di lidah Anda, seperti misalnya ketika Anda sakit dan sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat antibiotik dan antihistamin, keadaan tidak bisa merasakan makanan sangat umum terjadi.

Penyebab lain adalah adanya infeksi saluran pernapasan atau alergi. Jika Anda tidak menjaga kebersihan lidah dan mulut sehingga lidah banyak tertimbun oleh sisa makanan maka tidak heran jika Anda agak tidak peka terhadap rasa. Kehilangan indra perasa juga terjadi pada orang yang mendapat kemoterapi dan orang baru saja mengalami operasi untuk telinga, hidung atau tenggorokan.

Jika penyebabnya karena Anda kurang bersih dalam menjaga mulut, maka rajin membersihkannya akan dapat mengembalikan indra perasa, dan jika karena obat-obatan, seiring waktu Anda berhenti mengonsumsi obat, maka lidah akan kembali bisa merasakan makanan.

Namun jika Anda merasa tidak mengalami penyebab-penyebab di atas, kehilangan rasa juga bisa menandakan adanya penyakit yang lebih serius sistem syaraf seperti penyakit Parkinson dan Alzeimer. Jadi, agar lebih aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk masalah ini, Ladies.