kesehatan : 8 Vitamin dalam Jamur

kesehatan : 8 Vitamin dalam Jamur
kesehatan - Jika Anda dulu pernah mengikuti pelajaran IPA atau Biologi, Anda mungkin tahu bahwa jamur bukan termasuk dalam kingdom tumbuhan, namun juga bukan merupakan hewan. Tapi daripada bingung menentukan jamur termasuk dalam kategori apa, lebih baik Anda mengetahui tentang kandungan nutrisinya Ladies.

Jamur memiliki berbagai macam kandungan sehat yang baik untuk tubuh, namun tidak semua jamur bisa dikonsumsi karena beberapa jenis jamur mengandung racun sehingga harus dihindari. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, ada 8 jenis vitamin yang ada di dalam jamur, yaitu

1. Vitamin D
Dari sekian banyak jenis sayuran, salah satu bahan makanan yang merupakan sumber vitamin D adalah jamur. Fungsi vitamin D paling banyak adalah untuk kesehatan dan kepadatan tulang dan gigi. Jika kekurangan vitamin D, maka mengakibatkan kelemahan otot, atrofi otot, nyeri kronis, stroke, hipertensi, dan cacat lahir.

2. Vitamin B1

Jamur juga merupakan sumber vitamin B1 atau tiamin, yang berfungsi mengendalikan pelepasan energi dari karbohidrat. Thiamin juga diperlukan untuk sistem syaraf dan otak agar bisa bekerja dengan sehat dan normal.

3. Vitamin B2
Riboflavin atau vitamin B2 terutama diperlukan untuk kesehatan penglihatan dan mata yang normal. Tidak hanya itu, Anda juga butuh riboflavin untuk memperkuat sistem imun, kulit sehat dan merangsang produksi sel darah merah yang sehat.

4. Vitamin B3
Niacin atau vitamin B3 membantu sistem pencernaan dalam memecah energi dari karbohidrat, lemak dan protein. Selain sistem pencernaan, niacin juga menjaga sistem syaraf tubuh berfungsi dengan baik.

5. Vitamin B5

Asam pantotenat atau vitamin B5 merupakan salah satu vitamin yang ditemukan di dalam jamur yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh dan produksi hormon yang seimbang dalam tubuh.

6. Vitamin B6

Vitamin B6 membantu meningkatkan mood atau suasana hati Anda lebih baik sekaligus mengatur jam internal tubuh Anda sehingga dapat menjaga dan mengembangkan fungsi otak yang normal. Vitamin ini juga bertugas mengurangi rasa sedih dan depresi.

7. Vitamin B9

Jamur sangat kaya akan vitamin B9 atau lebih dikenal dengan folat, yang membantu dalam pembentukan sel-sel darah putih dan sel darah merah dalam sumsum tulang. Folat juga sangat penting bagi pertumbuhan sehat dari tubuh janin dan ibu hamil untuk mencegah risiko cacat lahir pada bayi.

8. Vitamin H
Disebut juga dengan biotin, vitamin H sangat penting dalam metabolisme dan pemecahan karbohidrat dan protein menjadi energi. Konsumsi vitamin H akan memperkuat kesehatan batin dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, jika Anda bingung mau makan atau masak apa hari ini, maka jangan ragu menjatuhkan pilihan pada jamur ya Ladies.



Artikel Menarik Lainnya. ...