Kesehatan : Jauhi 5 Kebiasaan Makan Malam

Kesehatan : Jauhi 5 Kebiasaan  Makan Malam
Kesehatan - Sedang berusaha diet menurunkan berat badan? Atau mungkin Anda sedang ingin lebih konsisten menerapkan gaya hidup sehat? Jika iya, Anda perlu memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan ketika makan khususnya saat makan malam. Tidak ada yang salah dengan menikmati makan malam, asal tahu batas-batasnya dan jauhi 5 kebiasaan makan Malam ini jika Anda tak ingin bertambah gemuk hanya gara-gara makan malam.
 
Makan Malam Tepat Sesaat Sebelum Tidur
Tidur memiliki fungsi yang penting terhadap metabolisme, aliran gula darah, keseimbangan hormon, dan stamina energi Anda. Jika Anda makan malam tepat sesaat sebelum tidur, Anda bisa sulit tidur. Kalaupun bisa tidur, kualitas tidur Anda mungkin tidak sesuai dengan harapan. Di samping itu, perhatikan menu yang Anda makan. Menikmati makan besar saat makan malam, tubuh akan kesulitan untuk mencerna dan memprosesnya. Akibatnya kelebihan makanan akan diubah menjadi asam lemak dan berat badan Anda bisa naik.
    
Mengonsumsi Kafein
Menyesap minuman soda atau kopi setelah makan malam bisa merusak kualitas tidur Anda di malam hari. Tapi ternyata di sisi lain, mengonsumsi kafein di siang hari bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan Anda.

Mengonsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat
Makan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat akan membuat gula darah Anda meningkat tajam. Hal ini bisa membuat berat badan Anda naik. Tapi jika gula darah Anda turun sebelum tidur, Anda bisa terbangun di tengah malam dan merasa lapar. Jadi, jangan makan terlalu kenyang dan batasi konsumsi karbohidrat Anda.

Menonton Televisi
Ketika mata sedang asyik menonton televisi, perhatian kita akan terpusat pada acara di televisi dan bukan pada makanan yang kita konsumsi. Dampaknya adalah Anda bisa tanpa sadar mengonsumsi banyak makanan padahal sudah kekenyangan.

 Mengonsumsi Alkohol
Alkohol yang masuk ke dalam tubuh bisa menghilangkan hormon kenyang dan membuat Anda merasa terus lapar. Akibatnya? Anda pasti sudah bisa menebaknya.

Jika terasa lapar di malam hari, pilihlah menu yang kaya serat dan tidak terlalu membuat Anda kenyang seperti sebutir apel atau semangkuk salad sayur. Dan makanlah dengan perlahan agar Anda tahu saat yang tepat untuk berhenti karena kenyang.



Baca Artikel menarik Lainnya....