Kesehatan : kapan sebaiknya minum air putih saat olahraga?

Kesehatan - Ladies, jika Anda ingin mendapat tubuh yang sehat dan bugar serta menjaga berat tubuh ideal, maka tidak lain jawabannya adalah dengan berolahraga. Jika Anda suka berolahraga, Anda juga pasti membutuhkan air putih. Jika tidak, Anda akan dehidrasi dan mudah lemas, bahkan jika Anda hanya kehilangan 2% cairan tubuh atau mengalami dehidrasi, Anda akan menurunkan performa tubuh hingga 25%.

Namun berapa banyak dan kapan sebaiknya minum air putih saat olahraga? Ini dia yang akan dibahas. Berdasarkan www.stylecraze.com,ada waktu tertentu Anda harus minum air putih untuk mendukung kalori yang dibakar lebih banyak, antara lain adalah

    Saat sebelum olahraga
Jika Anda memulai olahraga, minum air yang cukup untuk menghindari dehidrasi akan lebih baik. Minum air paling tidak 2 gelas, satu atau setengah jam sebelum olahraga. Ini akan memberikan energi pada tubuh dan membuat Anda siap berolahraga.

Namun ingat untuk tidak minum air putih tepat sebelum Anda memulai olahraga. Ini akan membuat tubuh, terutama perut, terasa penuh dan kram ketika berolahraga. Minum air putih selama olahraga juga tidak masalah, namun jangan dalam jumlah banyak secara sekaligus. Anda bisa minum 2-3 teguk dan minum lagi 10 menit lagi.

    Saat di tengah olahraga
Anda pasti membutuhkan istirahat saat olahraga, dan biasanya saat itulah Anda mengambil botol minum dan meneguk air. Jika Anda berencana melakukan latihan selama 1 jam penuh, maka istirahatkan tubuh selam 4 kali dalam rentang waktu 15 menit dan minum beberapa teguk air.

Hal ini perlu dilakukan terutama jika Anda melakukan olahraga kardio, dan olahraga berat lain yang menghasilkan banyak keringat. Jika Anda melakukan olahraga ringan dan tidak terlalu berkeringat, mungkin istirahat bisa dilakukan dalam 20 menit sekali.

    Setelah olahraga

Untuk olahraga tertentu, biasanya Anda akan sangat kelelahan saat setelah olahraga. Sambil meregangkan otot, Anda bisa minum air untuk mengembalikan energi yang terkuras. Hal ini sangat baik, bukan hanya untuk membuang asam laktat dalam tubuh, namun juga mencegah kram otot.

Namun ada juga beberapa orang yang tidak terbiasa minum banyak. Jika Anda bukan seseorang yang suka minum, efeknya akan buruk saat olahraga. Tubuh yang dehidrasi akan mudah sekali memicu berbagai macam reaksi tubuh seperti pusing, lemas, lelah, dan bahkan kram otot.

Jadi, mulailah membiasakan diri minum satu jam sebelum olahraga, selama dan setelah olahraga secara berkala untuk menghindari dehidrasi, membakar kalori lebih baik dan tetap segar ya Ladies.



Artikel kesehatan Menarik Lainnya ...