Kesehatan : Terlalu Pemikir, membuat orang mudah sakit


Kesehatan :  Terlalu Pemikir, membuat orang mudah sakit
Kesehatan - Salah satu masalah yang menyebabkan seseorang mudah merasakan tertekan dan stress adalah kebiasaan overthinking atau terlalu pemikir. Kebanyakan orang tak menyadarinya sampai mereka benar-benar jatuh sakit.

Salah satu contoh ketakutan atau cemas berlebihan adalah saat kita akan melakukan sesuatu, tapi kita terlalu takut akan resikonya. Akhirnya kita tak jadi melakukannya. Hal seperti ini juga bisa membuat kita stres 2 kali lipat karena kita takut akan akibatnya, tapi juga stres karena tak bisa melakukan apa yang kita inginkan.

Bisa juga saat kita terlalu cemas akan keadaan orang lain, hingga kita sakit perut, sakit kepala, bahkan jatuh sakit. Hal seperti ini tidak setiap saat terjadi. Kemungkinan dia muncul saat proses pertumbuhan, adaptasi dengan suatu lingkungan atau tekanan dalam suatu momen.

Bila Anda adalah salah seorang yang mudah overthinking atau bahasa lazimnya adalah mudah kepikiran, maka Anda perlu memahami beberapa hal di bawah ini untuk mengendalikan rasa 'parno' yang Anda miliki.


  1. Kalau Anda memang jenis orang yang mudah khawatir atau cemas, sebaiknya menguatkan sisi spiritualitas dalam diri Anda. Dengan menguatkan diri secara spiritual, Anda bisa lebih tenang dan meningkatkan kemampuan untuk berpikir dengan positif.
  2. Buat sebuah planning pribadi yang bisa membuat Anda lebih terpacu dan berani. Misalnya dengan meraih prestasi atau keberhasilan tertentu. Saat Anda berprestasi, Anda bisa mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri dan lebih berani.
  3. Tidur cukup dan lakukan kesibukan yang produktif bisa membuat Anda tak mudah bosan, stres dan mengalihkan ketakutan atau kecemasan yang menghantui Anda.
  4. Pupuk keberanian dan ketegaran Anda dengan melihat masalah dari sisi lain yang lebih optimis. Misalnya, masalah ini bukanlah hukuman untuk Anda. Sakit ini bukan penderitaan buat Anda, Anda akan menyadari setelah masalah itu selesai bahwa Anda mampu mengatasinya dan sudah lebih kuat dari sebelumnya.
  5.  Selama Anda merasa tertekan atau terlalu banyak berpikir, maka Anda harus mengganjar diri dengan hidup teratur, makan bergizi dan tidur cukup. Dengan demikian Anda bisa menghindari resiko sakit, terutama penyakit berat seperti stroke, jantung, asma dan sejenisnya.

Tidak semua hal ada dalam kendali kita, Ladies. Tapi menjadi orang yang setiap saat merasa cemas atau tertekan akan banyak pikiran juga tak akan membuat kita bahagia. Selama kita berusaha dengan baik, serahkan sisanya pada Yang Kuasa. The happier you, the healthier.


Artikel kesehatan Menarik Lainnya ...