Kesehatan : Mengenal Gejala Infeksi Sinus

Kesehatan : Mengenal Gejala Infeksi Sinus
Kesehatan - Anda mungkin sering mengalami pilek atau batuk. Penyakit tersebut sangat umum dan bisa menyerang siapa saja. Meski bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun seringkali mengganggu aktivitas dan bahkan bisa sangat berat dan mengharuskan Anda istirahat di rumah selama sehari penuh.

Nah, salah satu yang mengikuti penyakit pilek adalah infeksi sinus. Infeksi ini, berdasarkan kutipan dari www.health.com, merupakan penyakit yang bisa dikenali dan memiliki gejala-gejala tertentu, antara lain adalah

1. Rasa sakit dan menekan di wajah
Sinus, berada pada bagian belakang dahi, tulang hidung, pipi dan mata. Jika rongga sinus ini tersumbat atau menempel, maka Anda akan merasa sakit di bagian tersebut, tepat di belakang hidung Anda. Ini tandanya sinus Anda sedang terinfeksi.

2. Sakit saat bergerak
Jika sinus terinfeksi, umumnya ada nyeri dan tertekan di wjah sehingga saat Anda menggerakkan kepala, Anda juga merasa sakit. Perasaan sakit ini akan sangat parah jika flu berat dan bahkan hanya untuk menunduk atau menoleh ke belakang saja terasa berat.

3. Lendir atau dahak berwarna kuning atau kehijauan

Ini juga merupakan tanda infeksi sinus. Hal ini sangat umum terjadi jika virus pilek dan batuk menginfeksi. Timbulnya lendir yang berwarna dan terkadang tebal dan lengket ini adalah lendir yang membersihkan hidung dna melawan infeksi.

Perubahan warna disebabkan oleh sel darah putih yang mati karena melawan infeksi dan membawa keluar virus dari dalam tubuh. Ini adalah reaksi alami tubuh mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

4. Bau mulut

Ini juga merupakan efek alami saat infeksi sinus. Bau mulut atau halitosis mungkin memalukan, namun ini sebenarnya disebabkan oleh lendir yang masuk ke kerongkongan dan menimbulkan bau. Lendir bersama sel darah putih yang bertarung melawan virus akan menyebabkan bau tidak sedap, dan ini akan muncul saat Anda berbicara.

5. Hidung tersumbat

Ini juga merupakan gejala umum sinus yang terinfeksi, karena memang sinus sedang dalam kondisi yang tidak baik dan menempel satu sama lain. Penyumbatan pada hidung juga disebabkan oleh lendir dari infeksi virus saat Anda pilek.

Itu tadi gejala infeksi sinus. Meski memang tidak berbahaya dan bisa disembuhkan secara alami atau dengan obat antibiotik, namun menjaga sinus tetap sehat adalah suatu kewajiban juga bukan?

Artikel kesehatan Menarik Lainnya ...