Kesehatan : Menghindari Cedera saat Olah raga lari

Kesehatan : Menghindari Cedera saat Olah raga lari
kesehatan - Tubuh kita bisa menyesuaikan tekanan dan menjadi lebih kuat. Ini adalah prinsip dasar dari latihan, termasuk dalam olahraga lari. Tetapi jika kita terlalu memaksa atau lari terlalu jauh, kita bisa menekan tubuh terlalu keras dan butuh waktu untuk kembali semula. Bahkan bisa terjadi cedera saat olahraga lari.

Dilansir dari huffingtonpost.com, ada dua penyebab utama dari cedera saat olahraga lari. Pertama adalah ketidakseimbangan struktural yang terjadi jika ada bagian tubuh yang bermasalah atau ada otot tertentu yang lemah dan butuh sokongan dari otot lainnya. Kedua adalah volum latihan yang kalau berlebihan bisa menyebabkan cedera.

Nah, agar Anda bisa terhindar dari cedera atau masalah saat olahraga lari, simak 5 cara dan tipsnya berikut ini.

Awali dengan Jalan Kaki

Apabila Anda adalah pelari pemula atau sudah lama tak olahraga lari, Anda perlu memulai dengan perlahan. Otot-otot tubuh Anda perlu dikondisikan lagi dengan jalan kaki. Dengan jalan kaki, otot, sendi, dan tendon Anda bisa dilatih lebih kuat dan tidak rentan cedera saat dibuat lari.

Pahami Tubuh Anda
Untuk setiap 5 ons berat tubuh Anda, ada 20 ons berat di lutut saat lari. Jadi Anda harus bisa memahami berat badan tubuh Anda dan mengatur kecepatan lari sesuai dengan kemampuan Anda.

Ikuti Program yang Sesuai dengan Diri Anda

Program latihan olahraga lari Anda sebaiknya terdiri dari latihan-latihan yang cukup ringan agar bisa dimonitor. Perkembangan kemampuan Anda dalam olahraga lari pada umumnya bisa dilihat secara mingguan bahkan bulanan. Tapi jika Anda merasa ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda atau ada sinyal-sinyal aneh dari tubuh Anda, Anda harus segera evaluasi kembali program latihan lari Anda.

Gunakan Sepatu Khusus

Untuk meminimalisasi cedera saat olahraga lari, pakailah sepasang sepatu yang memang dikhususkan untuk olahraga lari. Sebelum membeli sepasang sepatu lari yang baru, coba kenakan dulu sepatu tersebut dan pakailah untuk jalan-jalan di dalam toko.

Berlatih Upaya Pencegahan Cedera
10 menit sebelum olahraga lari, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Dan setelah selesai olahraga lari, lakukan pendinginan dan pelemasan otot-otot tubuh Anda agar bisa kembali normal. Anda juga bisa melakukan sejumlah olahraga lain seperti latihan kardio atau berenang untuk menguatkan otot-otot tubuh Anda.

Anda perlu selalu memperhatikan sinyal-sinyal dari dalam tubuh Anda. Jika ada sesuatu yang terasa sakit atau tidak nyaman di otot tubuh Anda saat olahraga lari, segera hubungi dokter atau berikan pertolongan pertama.


Artikel Kesehatan Lainnya..