Kesehatan : Cara menghilangkan cegukan Dengan cepat

Kesehatan : Cara menghilangkan cegukan Dengan cepat
Kesehatan - Mengalami cegukan sering menjadi pengganggu aktivitas dan merusak ketenangan Anda. Sama menyebalkannya dengan terkena macet berjam-jam tau berada di tempat yang panas tanpa AC.

Apa yang sebenarnya terjadi saat kita cegukan? Dan bagaimana cara menghentikannya secepat mungkin?

    Apa sih cegukan itu?
Cegukan terjadi saat tiba-tiba, terjadi kontraksi diagfragma yang tanpa disadari. Diagfragma adalah otot yang berada di bawah paru-paru dan memisahkan antara dada dan perut. Saat diagfragma berkontraksi sangat cepat menyebabkan udara terhirup cepat sehingga pita suara terhentak dan membuat suara cegukan.

    Apa yang menyebabkan cegukan?

 Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan cegukan terjadi. Cegukan seringkali berhubungan dengan gejala kembung atau menghirup udara terlalu cepat. Penyebab yang mungkin adalah makan atau minum terlalu banyak, menghirup polutan seperti asap, dan minum alkohol. Pada beberapa orang, kecemasan dan stres dapat juga memunculkan cegukan.

    Cara menghilangkannya?

Cara menghentikan cegukan sebenarnya sangat sederhana, tingkatkan kandungan karbondioksida (CO2) dalam aliran darah Anda dengan menahan nafas selama sekian detik, minum air tanpa bernapas, meniup kantong selama 30-30 detik, berlari atau lompat di tempat selama 30 detik. Biasanya salah satu trik tersebut dapat menyembuhkan cegukan yang Anda alami.

Bila masih cegukan masih terjadi, biarkan cegukan hilang sendirinya dalam waktu 48 jam. Jika dalam jangka waktu tersebut cegukan tidak berhenti, saatnya untuk menemui dokter Anda agar dia memeriksa apakah ada penyebab lainnya.

Artikel Kesehatan Lainnya..