Kesehatan : Rajin Olah raga Turunkan Tekanan Darah

Kesehatan : Rajin Olah raga Turunkan Tekanan Darah
Kesehatan - Tak bisa disanggah lagi, olahraga memang banyak manfaatnya. Sayangnya, tidak banyak dari Anda yang mau meluangkan sedikit waktunya untuk melakukan olahraga, misalnya saja olahraga ringan seperti lari pagi. Nah, salah satu manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh adalah menurunkan tekanan darah bagi Anda penderita hipertensi.

Hipertensi adalah istilah yang digunakan untuk tekanan darah yang terlalu tinggi,  Tekanan darah yang seharusnya normal, pada kondisi ini tekanan darah tidak stabil atau tinggi. Yang Anda harus lakukan adalah selalu mengontrol tekanan darah secara teratur, terlebih lagi jika Anda mengalami hipertensi.

Berbagai komplikasi atau akibat dari tekanan dari bisa saja menyerang Anda dan tidak jarang akan membahayakan nyawa penderita. Misalnya saja, stroke, jantung, gagal ginjal dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Pada dasarnya, Anda bisa mencegah penyakit serius tersebut dengan melakukan olahraga. Tak perlu olahraga yang berat seperti gym. Cukup yang ringan namun dilakukan dengan rutin seperti bersepeda atau berenang. Dengan olahraga tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah sirkulasi adrenalin dalam tubuh dan menenangkan pembuluh darah.

Saat Anda ingin melakukan olahraga, mulailah dengan olahraga ringan terlebih dahulu seperti berjalan kaki atau yoga, supaya tubuh tidak terlalu kaget. Disarankan untuk selalu melakukan warming up dan cooling down saat akan memulai dan sesudah olahraga. Hal tersebut dilakukan untuk menaikkan dan menurunkan kerja jantung secara bertahap.

Selain itu, Anda pun dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti berkebun, membersihkan rumah, naik turun tangga dan bermain bersama anak. Namun, jangan terlalu lelah, pusing, nyeri pada dada atau bagian tubuh lainnya, Anda bisa berhenti melakukan aktivitas tersebut.

Supaya seimbang, jangan lupa untuk mengatur asupan makanan Anda dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan serta susu rendah lemak.
Rajin Olah raga Turunkan Tekanan Darah