kesehatan - Rambut Rontok Parah Awas Alopecia Areata

kesehatan - Rambut Rontok Parah Awas Alopecia Areata
kesehatan - Ladies, salah satu masalah rambut yang bisa menimpa pria maupun wanita adalah alopecia areata, yaitu jenis gangguan rambut rontok yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok pada bagian tertentu di kepala.

Meskipun kerontokan ini bersifat tidak permanen, tapi tentu saja bisa merusak penampilan. Kerontokan rambut ini bisa menjalar dan semakin besar hingga terlihat botak di kepala. Para ahli juga belum tahu bagaimana bisa sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut.
 
alopecia areata yang merupakan penyakit autoimun ini dimulai ketika timbul rambut rontok hingga kulit kepala terlihat halus mengkilap tak berbulu yang menandakan kebotakan permanen. Hal ini bisa berlangsung terus hingga bagian botak lebih lebar dan rambut terus rontok.

Meski memang rambut bisa tumbuh kembali, namun itu diperlukan waktu paling tidak 1 bulan dan ada kemungkinan orang yang mengalami alopecia menjadi kebotakan permanen. Beberapa faktor kemungkinan Anda mengalami botak permanen adalah karena

1. riwayat keluarga mengalami kebotakan permanen
2. mengalami alopecia di usia muda sebelum pubertas dan tidak tumbuh rambut selama 1 tahun penuh
3. memiliki penyakit autoimun seperti coliac, diabetes melitus, lupus dan lain sebagainya
4. rentan terhadap alergi
5. memiliki masalah rambut rontok yang parah

Alopecia areata tidak bisa dicegah, tapi bisa dirawat. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami alopecia atau tidak, sebenarnya gejalanya sangat mudah dikenali dengan tanda kebotakan pada kepala. Namun Anda juga bisa memeriksakan ke dokter untuk lebih jelasnya, Ladies.


Baca Artikel Menarik Lainnya  ..... 

0 Response to "kesehatan - Rambut Rontok Parah Awas Alopecia Areata"

Posting Komentar