Kesehatan : Tanda tanda Kekurangan Zat Besi

Kesehatan : Tanda tanda Kekurangan Zat Besi
kesehatan - Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pembentukan sel darah merah. Zat yang banyak terkandung dalam, hati, daging merah, dan juga sayuran hijau ini cukup sering menjadi masalah pada wanita. 9% wanita, dan lebih tinggi pada wanita aktif menderita kekurangan zat besi yang mengakibatkan anemia defisiensi besi.

Untuk menghindari anemia karena kekurangan zat besi, sebaiknya Anda mengenali tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi, seperti dilansir Womenshealthmag.com berikut ini.

    Letih
Zat besi digunakan dalam pembentukan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang mengangkut oksigen. Jika jumlah hemoglobin dalam tubuh kurang, Anda akan merasa letih dan lelah.

    Sulit fokus 
Saat kekurangan zat besi, pembentukan neurotransmitter juga lebih sedikit dari normal. Karena itu akan sulit untuk fokus dan berkonsentrasi pada suatu hal.

    Sesak nafas
 Saat melakukan aktifitas fisik seperti berjalan jauh atau berolahraga, tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak. Jika Anda kekurangan hemoglobin dalam darah, nafas yang harus Anda ambil menjadi lebih banyak sehingga dada terasa sesak.

    Pucat 
Merasa tampak seperti para tokoh dalam film Twilight akhir-akhir ini? Ini bukan tanda yang baik. Kurangnya jumlah sel darah merah akan membuat aliran darah menurun dan kulit menjadi lebih pucat.

    Kuku rapuh
 Kuku tipis dan rapuh tidak akan disembunyikan dengan aneka perawatan mani-pedi. Kuku memang dapat menjadi indikasi kekurangan zat gizi paling awal, karena itu, selalu penuhi kebutuhan zat gizi Anda agar kuku cantik dan sehat.

Wanita membutuhkan lebih banyak zat besi dari pada pria. Pada wanita hamil dan menyusui kebutuhannya meningkat, karena itu pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sumber zat besi setiap hari.


Artikel Kesehatan Lainnya.....