Kesehatan : Diet TLC Khusus Penurun Kolesterol


Kesehatan : Diet TLC Khusus Penurun Kolesterol
Kesehatan - Ladies, banyak sekali jenis dan macam diet yang bisa Anda terapkan. Semua diet sebenarnya bagus dan bisa berhasil, asal Anda rutin dan konsisten melakukannya. Salah satunya adalah diet TLC. Apa maksud dari diet ini?

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, TLC sendiri merupakan kepanjangan dari Therapeutic Lifestyle Changes, yaitu diet yang bertujuan untuk mengubah, atau lebih tepatnya mengatur kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup seseorang.

Diet ini pertama kali digagas oleh the National Cholesterol Education untuk membantu orang-orang memperbaiki kesehatan fisik dengan cara makan makanan bergizi, mendapatkan tubuh yang sehat dan menurunkan berat badan.

Tujuan utama TLC diet ini  memang membantu orang untuk menurunkan kadar kolesterol mereka yang tinggi, namun juga sangat berhubungan dengan pola makan dan berat badan. Dalam diet TLC, disarankan untuk menghindari makanan sebagai berikut,

1. Mengurangi asupan makanan berlemak jenuh atau mengurangi asupan kalori paling tidak sebanyak 7%. Atau membatasi asupan kalori sebanyak 2400 mg.

2. Membatasi asupan sodium atau garam paling tidak 2400 miligram atau sekitar 1 sendok teh per hari.

3. Menambah aktivitas fisik degan olahraga untuk membakar kalori dan proses penurunan berat badan.

Diet TLC
terutama fokus terhadap pengurangan konsumsi lemak jenuh seperti gorengan, daging sapi, kambing, babi dan lain sebagainya yang mengalami proses berkali-kali dan dimasak dengan cara digoreng. Untuk membiasakan diri, Anda bisa mulai mengurangi makanan yang digoreng dan berlemak serta mengganti dengan jus buah. Makan dalam jumlah yang wajar dan memasak dengan cara direbus atau dijadikan sup serta berolahraga berat paling tidak 30 menit setiap hari.

Dalam beberapa minggu, Anda akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan dengan kadar kolesterol yang juga menurun, meski diet ini tidak secara khusus untuk menurunkan berat badan, Ladies.

Artikel Menarik Lainnya..